WALIKOTA BANJAR SERAHKAN ZAKAT BAGI KAUM DHUAFA

Walikota Banjar Serahkan Zakat Bagi Kaum DhuafaBertempat secara marathon dari Desa Sinartanjung – ke Desa Waringinsari – kemudian ke Desa Langensari dan Desa Rejasari, Selasa, 24 Januari 2017, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si,  menyerahkan zaqat secara simbolis. Sebanyak 825 Juta Rupiah akan dibagikan untuk 5500 Orang Dhuafa se-Kota Banjar yang  masing-masing menerima 150 Ribu Rupiah per Orang. Zakat ini merupakan zaqat Profesi dari para Agnia PNS Pemerintah Kota Banjar dan Kementerian Agama Kota Banjar, zaqat ini dibagikan untuk para kaum Dhuafa di Kota Banjar, yang merupakan distribusi zaqat terakhir untuk tahun 2016, hasil pengumpulan pada semester II.

Wali Kota menyampaikan bahwa zakat yang yang dibagikan ini berasal dari PNS di Kota Banjar, semoga bermanfaat bagi yang menerimanya, jangan sampai dipakai untuk yang tidak penting dan diharapkan kedepannya jumlah zakat yang terkumpul akan lebih banyak lagi, sehingga bisa membantu memberdayakan masyarakat Kota Banjar agar bisa keluar dari masalah kemiskinan.

Beliau menambahkan bahwa zakat ini untuk membantu mensejahterakan masyarakat Kota Banjar, jangan dilihat dari nominalnya namun ambil manfaatnya dan do’akan semoga seluruh PNS Kota Banjar dapat menyalurkan zakatnya sehingga lebih banyak lagi masyarakat merasakan manfaatnya. Kota Banjar membangun lewat pembangunan fisik dan non fisik, pembangunan fisik itu terlihat hasilnya sementara yang sulit adalah pembangunan non fisik, berupa program rohani dan keagamaan, misal dengan gerakan tiap hari mengaji Al-Quran, Solat Subuh berjamaah, Tablig Akbar dan penambahan pelajaran Agama disekolah, tetapi ini saja tidak cukup masih diperlukan dukungan semua warga masyarakat, dan tokoh Agama serta peran lingkungan untuk mewujudkan Banjar yang Agamis dan bebas dari maksiat dan diberkahi Alloh Swt.

Sementara Ketua Baznas Kota Banjar, Abdul Kohar menjelaskan bahwa zaqat yang dikelola Baznas Kota Banjar mengalami peningkatan signifikan, zakat yang dibagikan ini juga merupakan perolehan zakat tahun 2016 semester II berjumlah 825 Juta, total perolehan zaqat tahun 2016 mencapai 4,6 milyar, telah dibagikan secara bertahap, penyumbang zakat terbesar adalah PNS yang gaji dan Tpp-nya langsung dipotong sebesar 2,5 persen, untuk Tahun 2017 ini uang sertifikasi gurupun diambil zakatnya. Dia menambahkan Zakat profesi diberikan merata kepada Dhuafa awalnya 1 orang setiap RT dan menjadi 2 orang/RT dengan nominal Rp. 150.000,-/orang. Hal ini menjadi hak yang harus dibagikan secara adil pada orang yang tepat sesuai ketentuan Syariat Islam, dengan zakat ini, keempat unsur penting turut serta membantu dalam pembagian zakat: Ulama yang tinggi ilmunya, Pemimpin yang adil (Umaro), Orang kaya (Agnia) yang mau memberikan hartanya, dan Do’a orang-orang yang tidak mampu (Fukoro). (Sumber :Humas Setda Kota Banjar)

diunggah : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

Istighosah Dan Do’a Bersama

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Istighosah dan Do’a Bersama …

Wali Kota Banjar Hadiri Acara Pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi Kompetisi Inovasi Jawa Barat Tahun 2022

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi …