Wali Kota Buka Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Bagi Pelaku UKM

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana, Sekretariat Daerah Kota Banjar. Kamis (23/6/2022).
Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Banjar selaku Ketua Tim P3DN Kota Banjar, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ketua KADIN, para Kepala Perangkat Daerah serta Pelaku KUKM.
Dalam arahannya, Wali Kota Banjar mengatakan bahwa Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih banyak menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor guna memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri serta mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang/jasa pemerintah. “Pelaksanaan Program Peningkatan Produk Dalam Negeri (P3DN) merupakan salah satu wujud nyata pemerintah untuk membangkitkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia dalam mencintai dan menggunakan produk dalam negeri,” ucapnya.
Wali Kota juga memerintahkan kepada Sekretaris Daerah, selaku Ketua Tim P3DN Kota Banjar, untuk segera menyusun Daftar Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Lokal dan menginisiasi pembuatan e-katalog. “Langkah ini merupakan kesempatan emas bagi para pengusaha, UMKM serta penyedia layanan jasa untuk turut berkompetisi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dengan adanya e-katalog yang lengkap, maka setiap pelaku usaha lokal. Mempunyai kesempatan sama dalam mengisi kebutuhan pengadaan barang dan jasa pemerintah,” jelasnya.
Wali Kota berharap, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dapat dicapai kesepahaman dengan para stakeholder serta mendorong optimalisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri pada berbagai pengadaan barang/jasa dan untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor, dimana salah satu stakeholder adalah pelaku industri dan UKM.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas Covid-19  Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022 …

Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny Dorong Saling Dukung di Forum Internasional

Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/06/2022 Rabu, 29 Juni 2022 Tentang Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny …

Tinggalkan Balasan