Wali Kota Banjar Tinjau Lokasi Untuk Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Serta Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS)

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., meninjau secara langsung lokasi untuk pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, serta Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang berada di Lingkungan Cisauheun, RT 21 RW 07 Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar. Jumat (20/01/2023).
Pembangunan IPAL Komunal serta TPS ini merupakan salah satu program dalam penanganan stunting di Kota Banjar. Menurut Lurah Situbatu, Kelurahan Situbatu, pada Tahun 2023 dijadikan salahsatu lokus stunting. Kasus stunting di Kelurahan Situbatu sendiri mengalami penurunun, namun  demikian, berdasar data dari Bappelitbangda Kota Banjar, ada beberapa faktor penyebab stunting yang penyelesaianya harus ditangani oleh Perangkat Daerah terkait, yaitu pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup, serta sanitasi jamban sehat oleh Dinas PU Kota Banjar. “Untuk itu, kami mengajukan bantuan kepada Perangkat Daerah terkait agar dibantu penbangunan kedua fasilitas tersebut. Untuk lokasi sendiri berada di sekitar Pondok Pesantren Miftahul Ihsan,” jelasnya.
Sementara itu, ditemui disela-sela kegiatan, Wali Kota mengatakan bahwa Kota Banjar berkomitmen untuk mencegah terjadinya kasus new stunting di Kota Banjar. Hal ini sejalan dengan upaya mewujudkan Indonesia Emas pada Tahun 2045. “Pembangunan IPAL Komunal dan TPS ini merupakan hasil dari analisis penanganan stunting di Kelurahan Situbatu dalam upaya pencegahan kasus baru stunting. Untuk itu, saya memerintahkan kepada dinas terkait, untuk segera melakukan koordinasi untuk secepatanya merealisasikan pembangunan kedua fasilitas tersebut,” tegas Wali Kota.
Dalam kesempatan tersebut,  Wali Kota juga melakukan penanaman pohon pohon durian serta alpuket. Turut hadir mendampingi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, Camat Banjar, Forkopimcam Banjar, serta Lurah Situbatu.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2023

About Kominfo Banjar

Check Also

INTEGRATED FARMING

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Banjar, …

Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota Banjar Tahun 2023

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., menghadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota …

Tinggalkan Balasan