Wali Kota Banjar Resmikan Kampung Pancasila

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., meresmikan Kampung Pancasila yang bertempat di Dusun Sukamulya Curug Panganten Desa Sukamukti Kecamatan Pataruman. Senin (30/5/2022).
Kampung Pancasila merupakan salah satu program dari Kodam 3 Siliwangi dalam upaya menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara yang dilaksanakan oleh Prajurit Yon Armed 5/105 Tarik/PG yang sedang melaksanakan Pra Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.
Dalam laporannya, Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah, diantaranya yaitu :
(1) Untuk menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas;
(2) Untuk semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat berdasarkan Pancasila, karena penduduknya beragam;
(3) Untuk menanamkan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika;
(4) Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila; dan
(5) Untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh Warga Negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.
“Sementara itu, Kota Banjar digunakan sebagai lokasi latihan Prajurit Yonarmed 5/105 Tarik/PG, karena wilayah Kota Banjar merupakan wilayah perbatasan yang merepresentasikan wilayah perbatasan RI-Malaysia,” jelasnya.
Sementara itu dalam sambutanya, Wali Kota Banjar mengapresiasi atas digunakannya wilayah Kota Banjar sebagai tempat latihan Pra Tugas Pagi Prajurit Yonarmed 5/105 Tarik/PG. Wali Kota juga menambahkan, Kampung Pancasila akan diresmikan di 25 Desa/Kelurahan, hal ini dilakukan karena pemahaman Pancasila di masyarakat semakin luntur karena tergerus karena perkembangan zaman. “Saya berharap dengan di resmikannya Kampung Pancasila ini tidak hanya dijadikan sebagai seremonial semata, akan tetapi yang paling penting aplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Pancasila sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara dan menjadi modal dasar dalam membangun Indonesia maju,” ucapnya. Toleransi antar umat beragama, tambah Wali Kota, juga harus semakin ditanamkan di warga negara dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Hasil yang diharapkan dari adanya program Kampung Pancasila adalah meningkatnya kecerdasan masyarakat. Proses interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang unggul dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Operasi Kasdam 3 Siliwangi, Dandim 0613 Ciamis, Kapolres Banjar, Danyon Armed 5/105, para Kepala Perangkat Daerah, Kepala Desa Sukamukti serta tokoh masyarakat. Dalam kegiatan tersebut juga dibuka layanan kesehatan gratis bagi masyarakat, Pos Layanan Vaksin Covid-19 serta digelar lomba mewarnai bagi siswa Sekolah Dasar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas Covid-19  Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022 …

Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny Dorong Saling Dukung di Forum Internasional

Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/06/2022 Rabu, 29 Juni 2022 Tentang Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny …