Wali Kota Banjar Monitoring Pembukaan Pasokan Air Irigasi Oleh Pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., dengan didampingi oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikananan Kota Banjar, melakukan Monitoring Pembukaan Pasokan Air Irigasi oleh Pihak Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy yang bertempat di Areal Persawahan Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari. Sabtu (10/09/2022).
Penutupan suplay atau pasokan air irigasi oleh pihak BBWS Citanduy dilakukan karena adanya Pekerjaan Rehabilitasi Paket 1 dan Paket 2 Integrated Participatory Development and Management of Irigation Program (IPDMIP). Namun, waktu penutupan pasokan air irigasi bertepatan dengan masa tanam padi yang sangat membutuhkan pasokan air yang cukup. Jika pasokan air terhambat maka areal seluas 1.200 hektar di Kecamatan Langensari dan Pataruman terancam gagal panen.
Wali Kota berupaya melakukan koordinasi dengan pihak BBWS untuk meminta agar pasokan air kembali dibuka agar lahan tersebut dapat kembali terairi. Pada tanggal 8 September 2022 pukul 24.00, pasokan air irigasi kembali dibuka oleh pihak BBWS yang akan memasok air irigasi selama 30 hari ke depan atau sampai tanggal 8 Oktober 2022 pukul 24.00, dan mulai tanggal 9 Oktober akan ditutup kembali untuk melanjutkan pekerjaan IPDMIP.
Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada pihak BBWS yang telah membuka kembali pasokan air irigasi untuk masyarakat. Menurutnya, sesuai dengan permohonan petani, memerlukan pasokan air irigasi selama 20-30 hari kedepan. “Terima kasih kepada pihak BBWS yang telah membuka kembali pasokan air irigasi untuk wilayah Langen dan Pataruman. Ini semata-mata untuk kepentingan para petani untuk menjaga pasokan beras di Kota Banjar, karena jika pasokan air terhambat, maka dikhawatirkan akan gagal panen di kedua wilayah tersebut,” jelasnya.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikananan Kota Banjar mengatakan, bahwa di kedua wilayah tersebut, tanaman padi masih berusia 30-70 hari dari waktu tanam, masa tersebut membutuhkan pasokan air yang cukup agar pertumbuhan padi tumbuh dengan baik. “Atas nama petani, saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Wali Kota yang telah melakukan koordinasi dengan BBWS,” tuturnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Wakil Wali Kota Banjar Tinjau Peternakan Domba Di Lokasi Sarana Asimilasi Dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar

Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana bersama Kasatpol PP, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bapelitbangda, …

Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022, Wali Kota Banjar, …