Wali Kota Banjar Mengikuti Kegiatan Lomba Marandang Di Pantai Paurus Kota Padang

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, mengikuti kegiatan Lomba Marandang yang bertempat di Pantai Paurus, Kota Padang, Sumatera Barat. Selasa (9/8/2022).
Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Rakernas APEKSI XV yang bertempat di Kota Padang. Marandang adalah proses memasak daging, santan, dan rempah lainnya yang nantinya akan menjadi rendang. Marandang merupakan salah satu tradisi yang dipertahankan di Padang, Sumatera Barat. Dalam tradisi marandang, warga menyantap rendang saat sahur pertama. Kegiatan ini diikuti oleh Wali Kota, serta Ketua TP PKK anggota APEKSI dengan didampingi oleh perwakilan dari masyarakat Padang. Masing-masing peserta diberikan daging sapi sekitar 2 kg, santan, dan rempah lainnya yang nantinya akan menjadi rendang.
Wali Kota dengan memakai tangkuluak terlihat antusias mempraktikkan cara-cara memasak rendang. Tangkuluak merupakan penutup kepala perempuan dalam budaya masyarakat Minangkabau. “Hari ini saya bersama rekan-rekan Wali Kota mengikuti acara Lomba Marandang. Kegiatan seperti ini sangat menarik, karena dapat memberikan pengalaman baru dalam cara-cara memasak rendang. Di Kota Banjar juga kita pernah bahkan sering memasak rendang, namun memasak rendang di daerah asalnya terasa berbeda. Terima kasih masyarakat Kota Padang yang telah menyambut kami dengan budaya dan keramahannya,” ucap Wali Kota.

Sumber      : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Wakil Wali Kota Banjar Tinjau Peternakan Domba Di Lokasi Sarana Asimilasi Dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar

Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana bersama Kasatpol PP, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bapelitbangda, …

Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022, Wali Kota Banjar, …