Wali Kota Banjar Membuka Sosilaisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kecamatan Langensari

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjar menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Tingkat Kecamatan Tahun 2022, yang bertempat di Aula Desa Rejasari, Kecamatan Langensari. Kamis (07/07/2022).
Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., bertujuan sebagai upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba di Kecamatan Langensari untuk mewujudkan Banjar Bersinar (Bersih dari Narkoba). Sosialisasi ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari masyarakat, kader serta generasi muda dari setiap Desa se-Kecamatan Langensari dengan narasumber dari Kantor BNN Kabupaten Ciamis.
Menurut Wali Kota, kejahatan narkotika merupakan Kejahatan Luar Biasa (Extra Ordinary Crime), karena kejahatan narkotika dampaknya luar biasa bagi pengguna sehingga dapat merusak karakter bangsa secara luas. “Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020, yaitu tentang Rencana Aksi Nasional P4GN merupakan pelaksanaan dari Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Kategori dari rencana aksi ini yaitu meliputi aksi pencegahan yang terdiri dari kegiatan sosialisasi bahaya narkoba, pembentukan regulasi P4GN, dan pembentukan Satgas Anti Narkotika. Inilah salah satu upaya kita dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika di Kota Banjar, khususnya Kecamatan Langensari,” jelasnya.
Wali Kota menambahkan, dengan sosialisasi ini diharapkan akan munculnya kewaspadaan dini dari seluruh lapisan masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika. Upaya ini diperlukan kerja sama dari berbagai pihak. “Hal terpenting dari upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika ini adalah adanya kepedulian dari seluruh masyarakat sehingga tidak ada pembiaran ketika adanya tindakan penyalahgunaan narkotika dilingkungan masing-masing. Saya berharap, seluruh peserta menjadi pelopor pencegahan dini penyalahgunan narkotika di masyarakat,” pungkasnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Langensari, perwakilan BNN Ciamis, Kapolsek Langensari, Danramil Langensari, serta Kepala Desa Rejasari.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …