Wali Kota Banjar Melakukan Monitoring Hewan Qurban di Beberapa Kandang di Kota Banjar

Guna memastikan hewan qurban aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK), Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., melakukan monitoring hewan qurban. Sabtu (09/07/2022).
Monitoring hewan qurban dilakukan di beberapa kandang hewan di Kota Banjar, diantaranya :

  1. Kandang Kelompok Anom Jaya, Lingkungan Siluman Baru, RT 36 | RW 17, Kelurahan Purwaharja.
  2. Kandang milik Bapak Darwanto, Lingkungan Babakansari, RT 04 | RW 10, Kelurahan Pataruman.
  3. Kandang milik Bapak Agus, Lingkungan Babakansari, RT 04 | RW 10, Kelurahan Pataruman.
  4. Kandang milik Bapak Ade, Lingkungan Babakansari, RT 05 | RW 10, Kelurahan Pataruman.
  5. Kandang mikik Bapak Yakun, lingkungan Babakansari, RT 05 | RW 10, Kelurahan Pataruman.

Wali Kota Banjar mengatakan, Pemerintah Kota Banjar ingin memastikan hewan qurban yang dijual dalam kondisi sehat dan terbebas dari PMK. “Monitoring ini dilaksanakan guna memastikan hewan qurban yang dijual dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi dagingnya,” ucapnya.
Wali Kota Banjar menambahkan pemeriksaan hewan qurban telah dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar. Dari hasil monitoring hari ini, Wali Kota Banjar menegaskan bahwa di lokasi yang dikunjungi hewan qurban dalam kondisi sehat, terlebih para pemilik hewan telah memahami adanya PMK ini. “Alhamdulillah, hewan-hewan dalam keadaan sehat. Ini berkat pemantauan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas terkait. Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memilih hewan qurban yang sehat dipastikan dengan adanya sertifikat hewan sehat dari dinas terkait, “jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Banjar, drh. lis Meilia, menjelaskan bahwa pemeriksaan hewan qurban sebelum dipotong telah dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar mulai tanggal 4-8 Juli 2022 dan pemeriksaan daging hewan qurban setelah dipotong dimulai hari Sabtu, 9 – 12 Juli 2022. Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar merilis data pertanggal 08 Juli 2022, PMK di Kota Banjar 211 ekor terduga terjangkit, 11 Positif PMK dan 1 (satu) ekor mati. Semuanya dalam pemantauan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …