Wali Kota Banjar Hadiri Pembukaan Pelatihan Digital Leadership Academy

Bertempat di Gedung Sate, Bandung, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri Acara Pembukaan Pelatihan Digital Leadership Academy. Pelatihan ini merupakan kerja sama BPSDM Jawa Barat bersama National University Of Singapore, dengan mengusung tema “Digital Transformation Smart City Bagi Pimpinan Daerah Se-Jawa Barat”, yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat. Selasa (4/10/2022).
Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat atas terlaksananya kegiatan tersebut. Menurutnya, implementasi digitalisasi bagi birokrasi diperkenalkan sebagai peningkatan kinerja, tetapi kompleksitas pembelajaran membutuhkan waktu ekstra dan kemauan bagi birokrasi itu sendiri untuk mempelajari digitalisasi. “Ada dua filosofi yang harus diperhatikan di era digital seperti saat ini. Pertama, temukan sesuatu hal tidak bisa didigitalkan, serta semua yang rutin akan digantikan oleh mesin. Untuk itu, seluruh pemimpin harus dapat berfikir dari sekarang bahwa semua harus didigitalkan,” jelasnya.
Lebih lanjut Gubernur mengatakan bahwa, Jawa Barat membuat konsep digital sebagai upaya untuk mengejar efektif dan efisien. Namun demikian jangan sampai setiap daerah membuat aplikasi untuk satu permasalahan yang sama. “Contohnya SIPD dari Jawa Barat diambil oleh Pusat dan ada penyeragaman bagi setiap daerah untuk menggunakannya,” kata Gubernur.
Gubernur menambahkan, kemajuan digitalisasi di setiap daerah tergantung political will dari setiap Kepala Daerah. Untuk itu Gubernur menyarankan untuk dilakukan skoring Indeks Literasi Digital Kepala Daerah. “Ini dilakukan untuk mengukur level pemahaman digital para pengambil kebijakan. Saya juga ingatkan untuk meneliti SOP dan tupoksi PNS, karena suatu saat kerja yang bersifat rutinitas akan dapat digantikan oleh mesin, untuk itu kinerja PNS masa sekarang harus bersifat dinamis,” pungkasnya.
Ditemui setelah kegiatan, Wali Kota mengatakan bahwa kita sekarang berada dalam masa yang serba digital. “Tidak bisa dihindari dan ditunda lagi, jika mau maju, pemerintahan sekarang harus berbasis digital,” pungkas Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …