Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Deklarasi ODF (Open Defacion Free)

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., menghadiri kegiatan Deklarasi Open Defacion Free (ODF) untuk Kelurahan Pataruman dan Kelurahan Bojongkantong, yang bertempat di Aula Kecamatan Pataruman. Rabu (18/01/2023).
Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Staf Ahli,  para Kepala Perangkat Daerah, para Kepala Puskesmas Kelurahan Pataruman dan Kelurahan Bojongkantong, serta para Ketua TP PKK Kelurahan Pataruman dan Kelurahan Bojongkantong.
Dalam arahannya, Wali Kota mengatakan bahwa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Hal ini sangat penting dalam mendukung program peningkatan kesehatan di Kota Banjar.
“Sektor Kesehatan menjadi sangat penting dan menjadikannya agenda dalam perencanaan pembangunan berkelanjutan. Hal ini berawal dari prilaku masyarakat itu sendiri,  salahsatunya berkaiatan dengan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan,” jelas Wali Kota.
Tantangan terberat yang dihadapi, tambah Wali Kota, adalah merubah kebiasan atau perilaku masyarakat. Menurutnya, program ini memerlukan sinergi dan kerjasama dari seluruh stakeholder, mulai dari Perangkat Daerah terkait hingga masyarakat. “Mari kita ‘keroyok’ bersama seperti dalam penanganan Covid-19 dengan mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan. Namun sekarang bukan lagi waktunya sosialisasi, saat ini adalah waktunya untuk total action. Deklarasi 100% ODF tidak ada artinya jika masyarakat kita masih ada yang berperilaku buang air sembarangan,” tegas Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2023

About Kominfo Banjar

Check Also

INTEGRATED FARMING

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Banjar, …

Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota Banjar Tahun 2023

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., menghadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota …