Wali Kota Banjar Hadiri Acara Pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi Kompetisi Inovasi Jawa Barat Tahun 2022

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan pembukaan Tahapan Penilaian Presentasi Kompetisi Inovasi  Jawa Barat Tahun 2022, yang bertempat di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, Jalan Kawaluyaan Indah Raya Nomor 6 Bandung. Kamis (01/12/2022).
Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) Tahun 2022 mengusung tema “ Peningkatan Daya Saing Daerah Menuju Kemandirian”, diselenggarakan untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan inovasi yang lebih fokus, terarah, mendalam dan berkesinambungan. KIJB tahun 2022 melombakan empat kategori, yaitu :
1. Kesehatan Pendidkan dan Budaya;
2. Pembangunan ekonomi;
3. Kepemudaan, olahraga dan Lingkungan Hidup;
4. Penanganaan kemiskinan dan kesejahteraan sosial.
Kota Banjar mengirimkan 9 Inovasi dari semua kategori, dan bersaing denga 800 Inovasi dari seluruh Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat, yang meloloskan Inovasi SIMPAY SINJANG masuk ke Tahapan Penilaian Presentasi bersama 20 Inovasi lainya. SIMPAY SINJANG (akSi Institusi Masyarakat Pasca pelAYanan kontrasepSl jaNgka panJANG) merupakan sebuah Inovasi dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banjar. Inovasi Ini memberikan pelayanan bagi Akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) KB sebelum dan pasca mengikuti MKJP KB dengan melibatkan Institusi Masyarakat Pedesaan PL KB, Pos KB dan Bidan Desa. Selain itu, dengan Program ini, Petugas mengarahkan Akseptor Non MKJP untuk beralih Ke MKJP KB. Dengan SIMPAY SINJANG, Pasca mengikuti MKJP akseptor akan terus di pantau kesehatan serta jika ada keluhan akan di bantu dirujuk ke Fasilitas Kesehatan. Paparan inovasi SIMPAY SINJANG dilakukan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan didampingi oleh Kepala Bappelitbangda dan disaksikan langsung oleh Wali Kota Banjar dihadapan Tim Penilai Independen, yaitu:
1. Dr. Yani Mulyaningsih S.E., M.Si. (Direktorat Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah pada Badan Riset dan Inovasi Nasional)
2. Diding Sakri, Ph.D (Wakil Ketua Pengurus Nasional Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia)
3. Antik Bintari, S.IP, M.T. (Dosen Fakultas lImu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)
4. dr. Dani Ferdian, M.K.M. (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran)
5. Ahmad Komarulzaman, S.E., M.Sc., Ph.D (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran)
6. Dr. Intan Taufik, M.Si (Dosen Sekolah lImu Teknologi dan Hayati Institut Teknologi Bandung)
7. Suhendrik, S.IP, M.IPol (Direktur The Jabar Ekspres Institut of Pro Otonomi).
Wali Kota sangat mengapresiasi masuknya inovasi SIMPAY SINJANG ke Tahapan Penilaian Presentasi setelah bersaing dengan 800an Inovasi dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten/Kota di Jawa Barat, BUMD dan BUMN di Jawa Barat, Kementrian atau lembaga yang berlokasi di Jawa Barat. “Saya mengapresiasi atas Capaian Inovasi SIMPAY SINJANG ke tahapan ini. Hal Ini membuktikan bahwa inovasi ini dinilai sangat membantu masyarakat di bidang kesehatan khususnya Layanan KB di Kota Banjar. Program ini telah berjalan dan terbukti berhasil dengan meningkatnya jumlah akseptor MKJP di Kota Banjar dengan dibuktikan raihan penghargaan atas capaian jumlah Akseptor baru MKJP diatas 100%. Untuk tahap juara masih melalui beberapa tahapan, diantaranya verifiksi lapangan oleh Tim Penilai yang akan terjun langsung ke Beberapa Lokus di Kota Banjar,” pungkas Wali Kota.
Beliau didampingi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Bappelitbangda, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda Kota Banjar, serta Analis Pemanfaatan IPTEK Ahli Muda Bappelitbangda Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

INTEGRATED FARMING

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Banjar, …

Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota Banjar Tahun 2023

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., menghadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota …