Wali Kota Banjar Hadiri Acara Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) Tahun 2022

Bertempat di Solo Techno Park, Kota Surakarta, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri Pembukaan Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) Tahun 2022. Rabu (12/10/2022).
Kegiatan ini digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), bekerja sama dengan PT. Garindo Media Tama selaku event organizer serta Pemerintah Kota Surakarta, dengan mengusung tema “Kolaborasi Multipihak Dalam Membangun Ekosistem Smart City”, yang dilaksanakan tanggal 12 – 14 Oktober 2022 di Kota Surakarta.
Acara ini terdiri dari forum diskusi, salahsatunya Forum Kepala Bappeda, expo, welcome dinner, dan jalan santai. Pembukaan Indo Smart City Forum dihadiri secara langsung oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Ketua APEKSI, para Wali Kota, serta para Kepala Bappelitbangda.
Dalam sambutannya, Ketua APEKSI menuturkan bahwa Smart City merupakan penerapan konsep kota cerdas dengan pemanfaatan inovasi, teknologi, informasi, komunikasi dan potensi lainnya untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih baik. Konsep kota cerdas yang menjadi isu besar di kota-kota besar di seluruh dunia mendorong terjadinya informasi dan infrastruktur terintegrasi antara Pemerintah Daerah dengan komponen bisnis, masyarakat dan potensi daerah di kota tersebut. “Konsep Smart City harus ada korelasinya dengan standar pelayanan dasar serta mampu memberikan kemudahan kepada warga. Seiring dengan perkembangannya, Smart City harus memiliki efisiensi, transparansi, kolaborasi, serta kontinuiti,” jelasnya.
Sementara itu, Wali Kota mengatakan bahwa Smart City memang sedang menjadi trend pembangunan di Indonesia. Konsep kota pintar diharapkan memiliki sedikitnya 5 pilar utama yaitu Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Environment. “Smart City turut menciptakan perencanaan dan pengembangan kota yang layak huni, maju, dan modern serta meningkatkan produktivitas daerah dan daya saing ekonomi. Untuk mewujudkan Smart City, membutuhkan kolaborasi antar seluruh lapisan, baik itu pemerintah, swasta maupun masyarakat,” jelas Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …