Wali Kota Banjar Buka Lomba Bercerita (Story Telling) Tingkat SD/MI Se-Kota Banjar Tahun 2022

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar menggelar kegiatan Pemberian Penghargaan Gerakan Budaya Gemar Membaca Melalui Lomba Bercerita (Story Telling) Tingkat SD/MI se-Kota Banjar Tahun 2022, di Aula Somahna Bagja Dibuana, Setda Kota Banjar. Selasa (31/05/2022).
Kegiatan yang mengambil tema “Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca Serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal” ini, dibuka secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., dan diikuti oleh 14 peserta perwakilan dari SD/MI se-Kota Banjar.
Bunda Literasi Kota Banjar, Ibu Elis Kartini, mengatakan bahwa banyak kendala yang dihadapi dalam menumbuhkan minat baca, kegemaran dan budaya membaca, diantaranya banyaknya anak yang kecanduan terhadap gadget. “Menyikapi kondisi ini, kami sebagai penggerak literasi di Kota Banjar menghimbau kepada setiap orang tua agar dapat mendampingi anak-anaknya, sehingga anak-anak kita mendapatkan literasi yang baik, guna mendukung tumbuh kembang anak. Kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak,” ucapnya.
Wali Kota Banjar dalam arahannya menuturkan, literasi merupakan cara utama dalam upaya  mencerdaskan anak bangsa. Dalam menghadapi kemajuan zaman seperti saat ini, seharusnya pendidikan dan literasi tetap menjadi fokus kita dalam pembangunan. “Kegiatan lomba bercerita menjadi salah satu upaya kita dalam meningkatkan minat baca dan minat literasi bagi anak-anak kita. Dalam kesempatan ini juga, saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh penggiat literasi yang tetap konsisten bergerak untuk meningkatkan minat baca dan literasi di Kota Banjar,” jelasnya.
Beliau juga menambahkan, tema yang diusung pada lomba saat ini adalah tentang cerita rakyat di Kota Banjar, yang digali dari kisah sejarah dan budaya yang turun temurun di Kota Banjar, yaitu Wiraperbangsa 1/Singaperbangsa, Ki Banteng Loreng, Cerita Pulo Majeti, dan Cerita Banjar Patroman. Hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar, Guru Pembimbing, serta Penggiat Literasi Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas Covid-19  Kota Banjar Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022 …

Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny Dorong Saling Dukung di Forum Internasional

Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/06/2022 Rabu, 29 Juni 2022 Tentang Galang Kerja Sama Resiprokal, Menteri Johnny …