Wakil Wali Kota Tinjau Lokasi Puting Beliung Di Beberapa Wilayah Kota Banjar

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Banjar Selasa, 25 Januari 2022 sore hari, mengakibatkan terjadinya bencana pohon tumbang yang menimpa beberapa rumah serta menutup akses jalan. Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., meninjau langsung tiga lokasi bencana.
Lokasi pertama berada di RT 18 RW 08 Lingkungan Cikadu, Kecamatan Karangpanimbal. Angin kencang mengakibatkan warung milik Bapak Imam mengalami kerusakan dibagian atap, sehingga serpihan atap mengenai kabel listrik dan mengakibatkan terjadinya percikan api akibat arus pendek listrik. Berkat kesigapan petugas PLN, kejadian tersebut dapat diatasi sehingga tidak mengakibatkan kebakaran.
Wakil Wali Kota bergerak ke wilayah Kelurahan Purwaharja. Di wilayah RT 38 RW 13, sebanyak 6 pohon jati tumbang dan menutup akses jalan ke arah Pulo Majeti. Anggota BPBD dibantu Aparat TNI/Polri bahu membahu bersama masyarakat, berupaya menyingkirkan dahan pohon yang menutup akses jalan. Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah rumah Bapak Asep yang berada di RT 39 RW 18 Kelurahan Purwaharja. Atap rumah Bapak Asep rusak parah akibat diterjang angin kencang.
Ditemui disela-sela kunjungan, Wakil Wali Kota mengaku prihatin atas kejadian bencana yang menimpa masyarakat Kota Banjar. Bencana alam seperti ini diperlukan kewaspadaan dari semua pihak mengingat cuaca sekarang yang tidak menentu. “Kita melakukan reaksi cepat. Saya apresiasi kerja cepat dari BPBD, TNI/Polri bersama masyarakat yang bahu membahu bekerjasama membantu saudara kita yang terkena musibah,” jelasnya.
Untuk jumlah kerugian secara keseluruhan, Wakil Wali Kota mengatakan, saat ini tim BPBD masih melakukan pendataan secara rinci wilayah yang terdampak bencana angin kencang. “Antisipasi kita mendata semua warga yang terkena musibah, setelah itu nanti kita segera memberikan bantuan dan pertolongan cepat kepada masyarakat,” ungkapnya.
Wakil Wali Kota juga menghimbau masyarakat supaya berhati-hati karena kondisi hujan dan angina kencang beberapa hari ini. Lihat betul kondisi rumahnya jika ada yang membahayakan agar segeraa dihindari. “Alhamdulillah kita bersyukur, tidak ada korban jiwa dari kejadian ini,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 202

About Kominfo Banjar

Check Also

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …

Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusahan Berbasis Resiko Melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach

Bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjar, Wali …