Wakil Wali Kota Buka Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata Tahun 2021

Pengembangan potensi pariwisata gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjar. 16 Desa / Kelurahan di Kota Banjar mempunyai potensi yang sangat besar jika dikembangkan dan digali secara baik oleh pemerintah bersama pihak terkait. Pengembangan desa menjadi daya tarik wisata tidaklah mudah, diperlukan kerja ekstra keras baik dari pemerintah maupun masyarakat desa itu sendiri. Atas dasar pemikiran tersebut, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar menggelar kegiatan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Dalam  Pengembangan Kemitraan Pariwisata Tahun 2021 di 2 (dua) lokasi objek wisata Kota Banjar, yaitu Situ Leutik Desa Cibeureum dan Lembah Pejamben Desa Binangun.
Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd. membuka secara langsung kegiatan yang diikuti oleh peserta  sebanyak kurang lebih 30 orang yang berasal dari aparat desa dan penggiat wisata di kedua desa tersebut dengan narasumber, Dr. Rezka Aida. yang berasal dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Selasa, (23/11/2021).
Dalam arahanya, Wakil Wali kota menuturkan, letak strategis Kota Banjar yang berada di pintu gerbang Jawa Barat mempunyai potensi yang sangat besar jika dikembangkan dengan maksimal. Kota Banjar merupakan pintu gerbang utama jalur selatan yang memiliki landscape beragam dengan wilayah bukit, pegunungan, sungai dan bagian tengah sebagai kawasan pertanian serta potensi lain yang terus dikembangkan menjadi daya tarik wisata. “Saat ini, Kota Banjar belum menjadi tujuan wisata, padahal potensi kita banyak. Ini harus menjadi pemikiran kita bersama, bahwa diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah desa, masyarakat maupun pihak swasta. Ketiga pihak tersebut harus memiliki persepsi bersama mengenai pengembangan potensi yang dimiliki oleh desa yang bersangkutan  beserta dengan segala implikasinya apabila dikembangkan menjadi desa wisata,” jelasnya.
Wakil Wali Kota menambahkan, begitu pentingnya promosi dan pengembangan pariwisata di Kota Banjar. Disitulah peran masyarakat, khususnya para pemuda berupaya melakukan promosi wisata di wilayahnya sendiri. “Dengan kegiatan seperti ini diharapkan dapat membuka wawasan bagi peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di wilayahnya. Masyarakat harus menjadi subjek atau pelaku pengembangan wisata itu sendiri. Jika potensi wisata dapat dikembangkan secara optimal maka akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat itu sendiri, yang akan berimbas terhadap peningkatan kesejahteraaan masyarakat,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar

Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu …

Rapat Penyusunan LPPD Dan IKK Tahun 2021

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., membuka acara Rapat Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan …

Tinggalkan Balasan