Wakil Wali Kota Buka Sosialisasi Kegiatan Rutilahu ABT Tahap III

Program Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) adalah salahsatu program dalam rangka menjalankan misi dan visi Pemerintah Kota Banjar yang berorientasi kepada penataan kawasan dan tata ruang yang ramah lingkungan. Penataan kawasan yang tidak produktif, kawasan kumuh dan lingkungan yang tidak mencerminkan kota yang maju baik secara ekologis maupun secara sosiologis telah menjadi concern Pemerintah Kota Banjar ke depan.
Dalam melaksanakan Program Rutilahu, Pemerintah Kota Banjar menganggarkan sebesar 1 Milyar setiap tahunnya untuk membantu masyarakat secara ekonomi yang rumahnya tidak memenuhi standar layak huni. Selain dari APBD Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat juga telah mengalokasikan bantuan Rutilahu untuk Wilayah Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Untuk Tahun 2021, Kota Banjar telah mendapatkan alokasi untuk tahap I dan II sebanyak 610 unit yang tersebar di 10 desa/kelurahan. Di akhir 2021, Kota Banjar kembali mendapat alokasi program rutilahu sebanyak 400 unit yang akan di sebar di 9 Desa/Kelurahan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd, dalam kegiatan Sosialisasi Kegiatan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni ABTT (Tahap 3) Tingkat Kota Banjar Tahun Anggaran 2021 yang bertempat di Aula Kecamatan Pataruman, Kamis, (2/12/2021).
Tahun 2021, Kota Banjar telah mendapat alokasi 1010 unit dengan total anggaran Rp.17.675.000.000,-. “Atas nama Pemerintah Kota Banjar, saya mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan ke masyarakat Kota Banjar. Tentunya angka tersebut masih belum memenuhi kebutuhan perbaikan Rutilahu di Kota Banjar, saya berharap ke depan, akan ada penambahan alokasi bantuan bagi masyarakat,” tambahnya.
Wakil Wali Kota juga mengatakan, ada salah satu golongan masyarakat miskin yang belum tersentuh bantuan Rutilahu ini, yaitu warga kurang mampu yang status rumahnya tumpang karang, atau menempati lahan milik orang lain. Hal ini seharusnya menjadi pemikirian semua pihak, karena berdasar aturan masyarakat dengan status tumpang karang tidak dapat menerima bantuan tersebut.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …