Wakil Wali Kota Banjar Tinjau Peternakan Domba Di Lokasi Sarana Asimilasi Dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar

Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana bersama Kasatpol PP, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bapelitbangda, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja, kembali meninjau peternakan domba di lokasi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar. Minggu (2/10/2022).
Wakil Wali Kota Banjar terkesima dan kaget dengan banyaknya perubahan yang cepat dan signifikan atas perkembangan peternakan di Lapas Banjar ini. “Terakhir bulan lalu saya ke sini meninjau  peternakan domba yang masih dalam tahap pembangunan kandang, saat kembali lagi kesini sudah ada sekitar 50 ekor domba, ternak kelinci, ternak ayam kalkun, ternak ayam dan ternak bebek,” ujarnya.
Peternakan domba yang dibangun di lahan Lapas ini, memang tergolong cepat sejak mulai didirikan kandang sampai akhirnya kini sudah terisi puluhan hewan berbulu tebal tersebut. “Ini suatu hal yang membanggakan, tangan dingin Kalapas Banjar ini memang luar biasa. Seluruh program yang beliau gagas pasti selalu berhasil,” puji Wakil Wali Kota atas kinerja Kalapas.
Menurutnya, Kalapas Banjar mampu menggandeng berbagai pihak untuk mendukung dan turut berpartisipasi dalam setiap program di Lapas Banjar. Salahsatunya yaitu dengan hadirnya peternakan domba. Domba-domba tersebut merupakan titipan dari berbagai pihak. Diantaranya Wali Kota, Wakil Wali Kota, Kapolres, Danyon Raider 323 Buaya Putih dan anggotanya, mitra kerja, pegawai dan masyarakat lainnya. “Di peternakan ini kita dapat melihat bagaimana konteks budidaya beternak. Bahkan ketika menitipkan domba betina anaknya bisa dijadikan hewan kurban dan ini sebagai ladang ibadah,” tutur Wakil Wali Kota.
Lebih lanjut, menyebutkan bahwa peternakan ini dapat menjadi Wisata Lapas sebagai tempat wisata edukasi, diantaranya edukasi peternakan dengan memberi edukasi untuk pelajar sekolah sehingga anak-anak sekolah memiliki kegemaran memelihara dan membudidayakan aneka ternak. “Tentu saja ini berkat sinergitas yang terjalin antara Lapas dengan berbagai stakeholder sehingga Lapas semakin berkembang dengan program-program yang luar biasa ini,” imbuhnya.
Kalapas Banjar, Mohamad Maolana, menyambut baik atas rencana beberapa Kepala OPD Kota Banjar yang akan menitipkan dombanya di peternakan Lapas Banjar. Atas kepedulian Wakil Wali Kota beserta Kepala OPD ke Lapas Banjar, menjadi stimulus bagi Lapas dalam mengembangkan peternakan di Lapas Banjar. “Siapa saja boleh menitipkan domba di Lapas Banjar, jangan khawatir tentang pakannya karena kami memiliki ketersediaan lahan yang dapat menjadi pakan domba dan untuk tenaga kerja kami   berdayakan warga binaan asimilasi dan warga binaan yang sudah bebas, sehingga disini banyak sekali manfaat bersama yang dapat saling menguntungkan,” jelasnya.
Dia menjabarkan bahwa setiap anakan domba nantinya akan dibagi dua. Satu ekor untuk pemilik dan satu ekor untuk warga binaan yang mengurus. Pemerintah Kota Banjar melalui BJB Cabang Banjar, memang menggelontorkan CSR berupa 10 ekor domba yang diserahkan kepada Kalapas Banjar untuk diternak. Penyerahan CSR tersebut digelar di Aula Rumah Sakit Asih Husada Kecamatan Langensari pada dua pekan lalu, dan diserahkan langsung oleh Kepala Cabang BJB Cabang Kota Banjar kepada Kalapas Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …