Wakil Wali Kota Banjar Panen Perdana Buah Melon Di Dusun Randegan 1 Desa Raharja

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., melakukan panen perdana buah melon di kebun milik Bapak Solihin, yang berada di RT 12 RW 05 Dusun Randegan 1, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja. Rabu (24/8/2022).
Menurut Solihin, dia membudidayakan buah melon di lahan seluas 150 M² sebanyak 400 batang, dengan 3 (tiga) jenis yang berbeda yaitu : jenis Pratiwi, Red Aroma (Rock Melon), serta My Love. “Dari mulai tanam sampai panen membutuhkan waktu dua setengah bulan dengan estimasi jumlah panen sebanyak 6 kwintal,” jelasnya.
Solihin mengatakan, bahwa  budidaya buah melon ini masih terkendala ketersediaan pupuk dan obat-obatan. Menurutnya ada beberapa jenis obat yang belum tersedia di Kota Banjar. “Untuk pemasaran sendiri baru bisa memenuhi permintaan warga sekitar serta Pasar Banjar,” pungkasnya.
Wakil Wali Kota sangat mengapresiasi budidaya buah melon yang ada di lokasi tersebut. Ini dapat dijadikan percontohan bagi petani lain di Kota Banjar dalam pemanfaatan lahan. “Ini dapat dijadikan percontohan dalam budidaya melon di Kota Banjar, dengan lahan yang tidak begitu luas, jika dikembangkan dengan baik, maka hasilnya pun akan sangat memuaskan,” jelasnya.
Beliau berharap, pengembangan budidaya buah melon ini semakin dikembangkan di Kota Banjar. Jika dilakukan dengan serius ini terbukti menghasilkan profit yang menjanjikan. “Untuk pasar sendiri, terbuka luas mulai pasar tradisional hingga pasar modern, di dalam dan luar Kota Banjar. Ke depan, Perangkat Daerah terkait diharapkan dapat memberikan bantuan seperti pengadaan pupuk serta obat-obatan,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Wakil Wali Kota Banjar Tinjau Peternakan Domba Di Lokasi Sarana Asimilasi Dan Edukasi (SAE) Lapas Banjar

Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana bersama Kasatpol PP, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bapelitbangda, …

Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022

Dalam rangka memperingati Hari Jalan Kaki Sedunia (World Walking Day) Tahun 2022, Wali Kota Banjar, …