Wakil Wali Kota Banjar Menjadi Narasumber Acara Penyuluhan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menjadi narasumber pada acara Penyuluhan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Tahun Anggaran 2022, yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Setda Kota Banjar. Selasa (28/6/2022).
Dalam paparannya, Wakil Wali Kota menjelaskan tentang “Sukseskan Pemilu Dan Pilkada Kota Banjar Melalui Pendidikan Politik”. Pengertian politik, secara etimologis, berasal dari bahasa Yunani yaitu polis. Polis berarti kota yang berstatus negara kota (city state). Pengertian politik yang berkembang di Yunani saat itu, dapat ditafsirkan sebagai suatu proses interaksi antara individu dengan individu lainnya demi mencapai kebaikan bersama. Dalam perjalanannya, hajat demokrasi di Indonesia dilakukan melalui Pemilihan Umum (Pemilu). Pemilu adalah hajat demokrasi untuk memilih calon pemimpin (Kepala Daerah, Wakil Rakyat, Presiden). Pemilu harus dilaksanakan dengan damai, kampanye damai, dan selalu mengedepankan ide dan gagasan baru untuk kemajuan yang akan datang. Pilkada merupakan perwujudan dari demokrasi, dengan demikian mari kita ciptakan suhu politik yang adem, damai dan berperilaku baik sesuai dengan azas Pancasila,” jelasnya.
Ditemui setelah kegiatan, Wakil Wali Kota Banjar menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya edukasi kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula yang akan melaksanakan haknya di Tahun 2024. Antara pemilih dan yang dipilih harus memiliki ikatan emosional, bukan ikatan transaksional. “Ikatan emosional yang baik, dimana seorang individu yang telah dipilih akan melakukan program kegiatan untuk kemajuan dan membawa masyarakat ke arah yang lebih baik, berbeda dengan ikatan transaksional, dimana setelah dipilih individu terpilih tidak memiliki beban dipundaknya untuk membawa masyarakatnya ke arah yang lebih baik. Untuk itu saya berharap dengan sosialisasi ini akan dapat meminimalisir kecurangan serta menyiapkan kesiapan pemilih pemula melaksanakan hak pilihnya,” pungkas Wakil Wali Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …