Wakil Wali Kota Banjar Ikuti Kegiatan Skrining Dan Evakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri Kegiatan Skrining dan Evakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), yang bertempat di Lapangan Tenis Indoor Pendopo Kota Banjar. Kamis (29/09/2022).
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) RSJ Bogor DR. H. Marzoeki Mahdi, perwakilan BLUD RSUD Kota Banjar, perwakilan Dinas Kesehatan, para Danramil, para Kapolsek, serta Kepala Desa/Lurah se-Kota Banjar.
Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih atas sinergi dan kerja sama antara Pemerintah Kota Banjar dengan Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) RSJ Bogor DR. H. Marzoeki Mahdi, dalam upaya menangani ODGJ di Kota Banjar. Menurutnya, selain pengobatan medis, perhatian, dan empati diperlukan untuk mendukung kesembuhan para penderita kasus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Pemenuhan kebutuhan fisik dan psikologi tersebut diharapkan dapat menurunkan kasus ODGJ di Kota Banjar. “Inilah bentuk sinergitas yang nyata antara kita dengan Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) RSJ  Bogor. Hari ini sebanyak 22 saudara kita, akan mendapat perawatan di RSJ Bogor, namun ada dua yang belum memenuhi syarat-syarat perawatan di sana yang berkaitan dengan masalah administrasi dengan BPJS Kesehatan,” jelas Wakil Wali Kota.
Lebih lanjut Wakil Wali Kota mengatakan bahwa perawatan ODGJ di RSJ telah terjamin oleh BPJS Kesehatan, dan nantinya mereka akan dirawat di Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN) RSJ DR. H. Marzoeki Mahdi Bogor. Dalam kesempatan ini juga Wakil Wali Kota meminta kepada semua pihak untuk memberikan rasa empati kepada para ODGJ. “Jangan dikucilkan ataupun dibully, tapi dekati mereka dan berikan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Karena jika dirawat, para ODGJ ini masih ada harapan untuk sembuh,” pungkas Wakil Wali Kota.

Sumber      : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …