Wakil Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Peninjauan Mesin Pengolah Sampah Inovasi Kodam III/Siliwangi

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., dengan didampingi oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Inf. Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., menghadiri kegiatan Peninjauan Mesin Pengolah Sampah Inovasi Kodam III/Siliwangi, yang bertempat di Jalan Lembang Nomor 04 Kabupaten Bandung Barat. Jumat (20/01/2023).
Mesin pengolahan sampah ini merupakan inovasi dari Kodam III/Siliwangi yang melibatkan PT. Nawa Sena dalam proses produksinya. Mesin pengolah sampah tersebut, terdiri dari 3 (tiga) mesin utama, yaitu mesin pencacah sampah yang digunakan untuk mencacah atau memotong sampah rumah tangga organik dan non organik agar bisa didaur ulang menjadi bahan pembuatan briket. Kedua adalah mesin pencetak briket digunakan untuk mencetak sampah yang telah dicacah atau dipotong dengan sistem press sehingga bisa digunakan untuk menjadi bahan bakar baru, serta yang ketiga mesin pencuci plastik digunakan untuk membersihkan sampah plastik yang telah dicacah atau dipotong agar terpisah dari kotoran supaya dapat proses daur ulang.
Wakil Wali Kota terlihat antusias menyimak penjelasan fungsi dari mesin tersebut. Menurutnya, teknologi ini dapat digunakan di Kota Banjar dalam pengelolaan sampah di Kota Banjar, yang tentunya dengan modifikasi alat tersebut yang disesuaikan dengan kebutuhan peralatan yang cocok di Kota Banjar. “Pengelolaan sampah merupakan sebuah masalah dihadapi di hampir seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Alat ini dapat dijadikan solusi  dalam pengelolaan sampah karena mampu menghasilkan produk yang dapat menjadi sumber energi baru, seperti briket. Selain itu juga dapat menghasilkan bijih plastik yang nantinya dapat di daur ulang kembali menjadi produk plastik yang baru,” jelasnya.
Selain mesin pengolah sampah, juga ditampilkan produk kompor yang menggunakan bahan bakar dari hasil briket tersebut serta limbah kayu yang digabungkan dengan tenaga listrik, sehingga  kompor tersebut mampu menghasilkan energi panas yang lebih baik daripada kompor pada umumnya sehingga proses pemasakan lebih cepat. “Produk ini lebih cocok digunakan oleh pelaku UMKM, karena selain lebih ekonomis, juga menggunakan bahan bakar dari limbah kayu,” ucap Wakil Wali Kota.
Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, serta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2023

About Kominfo Banjar

Check Also

INTEGRATED FARMING

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Banjar, …

Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota Banjar Tahun 2023

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., menghadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota …

Tinggalkan Balasan