Wakil Wali Kota Banjar Hadiri Forum Ekonomi Priangan Timur

Selasa, 30 November 2021, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana didampingi Kepala Bapeda, Asda 2, Kadis KUKMP, dan Kadis Kominfo, menghadiri Acara Forum Ekonomi Priangan Timur yang berlangsung di Grand Metro Hotel Tasikmalaya. Acara tersebut dihadiri oleh 5 Kab./Kota di Priangan Timur yaitu Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran. Tema acara ini adalah “Ngariung Ngahiji Priangan Timur Unggul”. Kota Banjar mendapat penghargaan dari Bank Indonesia Tasikmalaya atas dukungan dan kerjasama dalam percepatan transaksi elektronik Pemerintah Daerah dalam sistem keuangan.
Wakil Wali Kota Banjar mengatakan bahwa Pemerintah Kota Banjar menyampaikan komitmen akan mensukseskan dan mengoptimalkan potensi ekonomi dengan ikut membangun persiapan pemulihan ekonomi di Priangan Timur melalui sinergi mendukung kestabilan harga inklusi keuangan dan ekonomi digital. “Tentunya hal ini akan di implementasikan  dengan selalu bersinergi dengan semua kabupaten/kota yang ada di wilayah Priangan Timur,  karena bagaimanapun juga dengan saling menopang di sebuah wilayah adalah kunci dari kemajuan perekonomian. Terima kasih  kepada Bank Indonesia dan OJK yang senantiasa membuat kami selalu semangat dan bersinergi dengan Kabupaten/Kota yang lainnya. Pertumbuhan ekonomi  Kota Banjar berada di atas pertumbuhan ekonomi Priangan Timur mudah-mudahan ini juga membuat kita tetap bersemangat,” ucapnya.
“Kota Banjar ekonomi yang ditopang oleh sektor pertanian karena peningkatan produksi buah-buahan. kami wilayahnya sangat sempit hanya 13.000 hektar atau hanya 131 km², artinya tidak banyak yang bisa kami perbuat di dalam pertanian. Kami hanya memanfaatkan fasilitas dan lahan yang ada kemudian bisa mengoptimalkan yang unggul di antaranya beberapa desa kami ada unggulan dari produk buah-buahan seperti di Desa Waringinsari ada belimbing madu kemudian juga di Desa Batulawang ada rambutan si batulawang kemudian juga sekarang ada bawang di Desa Binangun juga sekarang lagi ada melon di Desa Karyamukti. Kami terbuka lebar bagi  investor yang akan berinvestasi di Kota Banjar karena salah satu PR kami adalah untuk mengentaskan kemiskinan berbicara kemiskinan identik dengan pengangguran. Kalau berbicara pengangguran identik dengan lapangan kerja kalau berbicara lapangan kerja identik dengan investasi jadi mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini iklim investasi di kota Banjar bisa semakin meningkat dan maju, karena bagaimanapun kami butuh iklim investasi yang baik, sehingga Kota Banjar bisa membuat peluang usaha untuk para pengangguran yang dapat mengentaskan kemiskinan,” tambahnya.
Pemerintah saat ini selain percepatan penanganan Covid-19 yang sampai saat ini kami sudah berada di level 1, kemudian juga vaksinasinya sudah 75% lebih. Kemudian melaksanakan monitoring penyaluran bantuan tunai dari pemerintah untuk menstimulasi masyarakat, para pelaku usaha kecil supaya bisa bangkit menghidupkan kembali perekonomiannya. Kemudian juga yang penguatan perekonomian Kota Banjar dengan membentuk tim percepatan akselerasi keuangan daerah untuk mendukung Sinergitas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TIPD) serta Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah dalam rangka upaya percepatan pemulihan ekonomi di Kota Banjar untuk mendorong, membangunan perekonomian melalui digitalisasi serta perluasan akses pasar,” pungkas Wakil Wali Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …