Wakil Wali Kota Banjar Hadiri Acara Bincang Santai Program Pengungkapan Sukarela (PPS) Pajak

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ciamis bekerjasama dengan Kanwil DJP Jawa Barat I  mengadakan acara bincang santai program pengungkapan sukarela (PPS) pajak. Kegiatan yang diadakan pada hari Kamis, 21 April 2022, yang bertempat di Tyara Hotel Ciamis ini, dihadiri puluhan peserta wajib pajak yang merupakan pengusaha dari wilayah Kabupaten  Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, perwakilan dari Pemerintah Daerah Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana.
Kakanwil DJP Jawa Barat I, Erna Sulistyowati, menjelaskan bahwa program pengungkapan sukarela ini merupakan pemberian kesempatan oleh pemerintah kepada wajib pajak untuk mengungkapkan atau melaporkan secara sukarela kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi sampai saat ini. Beliau menjelaskan PPS merupakan kesempatan baik bagi wajib pajak yang belum melaksanakan kewajiban perpajakan dengan benar.  Wajib pajak dapat melaporkan harta yang belum sepenuhnya dilaporkan ketika tax amnesty atau kewajiban yang belum dilaporkan dalam SPT Tahunan. Untuk mengikuti program yang berlangsung hingga 30 Juni 2022 ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan tax amnesty pada 2016/2017. “Wajib pajak tidak perlu ke kantor pajak untuk mendapat Surat Keterangan PPS.  cukup mengakses layanan PPS pada laman pajak.go.id untuk melaporkan dan mendapat S-KET,” katanya.
Dia mengimbau para  peserta untuk meneliti kembali SPT Tahunan yang sudah dilaporkan. Apabila ada harta yang masih belum dilaporkan, wajib pajak diharapkan tidak ragu untuk mengikuti PPS. Sosialisasi ini sebagai upaya meningkatkan kegiatan edukasi terkait bidang perpajakan, terutama mengenai ketentuan UU HPP yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat, yaitu bagaimana teknis PPS,” katanya.
Wakil Wali Kota Banjar sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut beliau,  PPS diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk mengungkapkan hartanya sehingga dapat membayar pajak secara benar. DJP juga memberikan berbagai kemudahan agar wajib pajak lebih nyaman membayar pajak. Program ini merupakan program yang memberikan kesempatan untuk mengungkap secara sukarela sehingga kepatuhan menjadi makin tertib, makin baik.  Beliau berharap kesempatan ini bisa digunakan oleh wajib pajak yakni para pengusaha wilayah Ciamis, Banjar, dan Pangandaran.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Launching Program Penyaluran Bantuan Tunai Kaki Lima Dan Warung (BTKLW) Minyak Goreng Oleh TNI Kodim 0613/Ciamis

Bertempat di Makoramil 1313 Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan …

Launching Program Bantuan Sosial RASTRA Daerah Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …