Wakil Wali Kota Banjar Buka Rapat Kerja Wilayah Kependudukan

Untuk mendorong upaya pemutakhiran data kependudukan, khususnya data kematian di setiap Desa dan Keluarahan di Kota Banjar, Dinas Kependudukan dan Pencataatan Sipil Kota Banjar menggelar Acara Rapat Kerja Wilayah  Kependudukan bersama Camat, Lurah, Kades yang bertempat di Aula Dinas Kependudukan dan Pencataatan Sipil yang dibuka secara langsung oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., Rabu, (23/2/2022).
Kegiatan ini diikuti oleh, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, seluruh Camat, Kepala Desa serta Lurah se-Kota Banjar. Menurut Wakil Wali Kota, kesempatan ini bukan hanya sekedar sosialisasi, tetapi bertujuan juga untu menyebarluaskan informasi kebijakan di bidang pencatatan sipil khususnya akta kematian, sehingga diharapkan akan mendorong masyarakat untuk melaporkan peristiwa kematian anggota keluarganya tepat waktu Kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Wakil Wali Kota mengatakan bahwa pengurusan Akta Kematian sama pentingnya dengan Akta Kelahiran. Namun tingkat kesadaran warga akan pentingnya pengurusan Akta Kematian masih rendah. Hal itu berdasar hasil penyisiran Dinas Kependudukan dan Pencataatan Sipil Kota Banjar ada sekitar 2881 kematian yang belum tercatat di Dinas Kependudukan dan Pencataatan Sipil Kota Banjar. “Saya menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah bersama-sama dengan petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencataatan Sipil Kota Banjar, melakukan update data kematian penduduk di masing-masing wilayah. Data kematian sangat penting, seperti sebagai rujukan perubahan data penerima bantuan sosial. Ini banyak kejadian, warga yang sudah meninggal, namun masih menerima bantuan sosial. Ini disebabkan karena banyaknya data kematian yang tidak dilaporkan ke Dinas Kependudukan dan Pencataatan Sipil,” jelasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Ngawal Jawa Barat Zero New Stunting (NGABRING) Tahun 2022

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Tim Percepatan Penurunan …

Wali Kota Buka Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Bagi Pelaku UKM

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk …