Wakil Wali Kota Banjar Buka Kegiatan Penguatan Peran Dan Peningkatan Kapasitas SDM Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Kota Banjar

Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Setda Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., membuka kegiatan Penguatan Peran Dan Peningkatan Kapasitas SDM Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Banjar. Selasa (22/11/2022).
Kegiatan yang digelar selama satu hari ini diikuti oleh seluruh Sekretaris Dinas, Kepala Bagian Umum, serta Kasubag Perencanaan Perangkat Daerah se-Kota Banjar, dengan menghadirkan narasumber Bapak Dimas Prawira, S.Si., Koordinator Asisten Ahli dan PPID Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat.
Dalam arahannya, Wakil Wali Kota menuturkan bahwa, setiap institusi pemerintahan atau badan publik, wajib menyediakan layanan informasi publik kepada masyarakat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). “Sesuai dengan Peraturan Komisi Informasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik, disebutkan bahwa PPID merupakan pejabat yang bertanggungjawab  di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi di badan publik. PPID berkewajiban menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu biaya ringan, proporsional, dan dengan cara sederhana,” jelas Wakil Wali Kota.
Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa, dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, PPID memerlukan peningkatan pemahaman dan wawasan serta pengetahuan tentang penyediaan dan pengelolaan informasi sehingga dapat memberikan akses pelayanan informasi yang mudah dan berkualitas kepada masyarakat. “Saya mengingatkan kepada seluruh peserta untuk mengikut kegiatan ini dengan baik dalam upaya peningkatan peran dan kapasitas SDM PPID Kota Banjar. Saya juga berharap melalui kegiatan ini dapat mengoptimalkan dan menguatkan peran serta fungsi PPID di Kota Banjar, sehingga PPID dapat mengelola data dan informasi dengan baik agar potensi terjadinya sengketa informasi menjadi berkurang dan pelayanan PPID dapat menjadi satu pintu utama untuk memberikan informasi terbaik kepada masyarakat,” pungkas Wakil Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Wali Kota Banjar Lakukan Inspeksi Mendadak Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Induk Banjar

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., melakukan Inspeksi Mendadak Harga Kebutuhan Pokok …

Wakil Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Rukhyatul Hilal Awal Ramadhan 1444 H / 2023 M

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Rukhyatul Hilal Awal Ramadhan …