Sosialisasi Waspada Investasi llegal dan Pinjaman Online Bagi ASN

Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar. Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M.H., membuka Sosialisasi Waspada Investasi Ilegal dan Pinjaman Online Bagi ASN. Kegiatan ini diiuti oleh 100 peserta yang merupakan perwakilan dari setiap Perangkat Daerah se-Kota Banjar dengan narasumber Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tasikmalaya. Jumat (21/10/2022).
Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota mengatakan bahwa banyaknya platform penyedia jasa keuangan digital memberikan dampak bagi masyarakat. Di satu sisi, masyarakat mendapat kemudahan dalam melakukan pinjaman maupun investasi hanya dalam perangkat telepon pintar saja, namun di sisi lain banyaknya platform yang ilegal. “Misalnya, platform penyedia pinjaman online, peminjam hanya dengan mengupload data diri, maka dalam beberapa jam, bahkan hitungan menit, dana tersebut dapat dicairkan masuk ke rekening peminjam,” ucapnya.
Sebagai antisipasi maraknya investasi ilegal dan pinjaman online ilegal Pemerintah melalui Satgas Waspada Investasi yang terdiri dari 7 lembaga (OJK, Kepolisian, Kejaksaan Agung, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika) bertindak cepat mencari dan kemudian memblokir entitas investasi ilegal dan pinjol ilegal. “Yang terpenting adalah kontrol diri dalam melakukan peminjaman online, jangan sampai pinjaman tersebut mengganggu ekonomi si peminjam. Dan patut diperhatikan besaran bunga yang harus dibayar oleh peminjam. Semoga dengan mengikuti sosialisasi ini, peserta dapat memilih dan memilah platform investasi online serta tidak terjebak kepada pinjaman online ilegal yang merugikan,” pungkas Wakil Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …