Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah Pemerintahan

Sebagai bentuk langkah nyata dalam persiapan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah, serta untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Pemerintah Kota Banjar bersama Bank BJB Cabang Banjar menggelar kegiatan Sosialisasi Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), yang bertempat di Cahaya Villa Hotel Garut, Jalan Cipanas Baru Kabupaten Garut. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 24-25 Januari 2023, dengan menghadirkan pembicara Divisi Komersial Dan Divisi Hubungan Kelembagaan BJB Kantor Pusat.
Sosialisasi dibuka secara langsung oleh Wali Kota Banjar,  Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., dengan dihadiri secara langsung oleh Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., serta diikuti oleh Asisten Daerah Administrasi Umum, para Staf Ahli, serta seluruh Kepala Perangkat Daerah.
Dalam laporannya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Pendapatan Daerah Kota Banjar menyampaikan bahwa penyelenggaraan sosialisasi ini merupakan sarana khusus untuk menyampaikan secara utuh materi penggunaan kartu kredit Pemerintah Daerah, yang merupakan amanat mandatory dari ketentuan tersendiri Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah. “Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, akan tercipta kesatuan pemahaman dan tindakan dalam implementasi regulasi kartu kredit Pemerintah Daerah berdasarkan perkembangan ketentuan atau peraturan yang berlaku saat ini,” jelasnya.
Sementara itu, Wali Kota Banjar dalam arahannya mengatakan, bahwa kartu kredit Pemerintah Daerah merupakan alat pembayaran atas belanja yang dibebankan pada APBD, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. “Program ini juga merupakan sebuah dukungan terhadap gerakan bangga buatan Indonesia khususnya digitalisasi pembelian barang dan jasa oleh pemerintah dan diharapkan digitalisasi ini dapat membantu UMKM daerah dalam pengintegrasian seluruh transaksi belanja melalui platform LKPP secara online. Untuk itu, saya berharap seluruh Perangkat Daerah terkait agar dapat membantu pelaku UMKM agar masuk ke sistem e-katalog,” jelasnya.
Dalam kesempatan ini, Wali Kota mengingatkan kepala seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk terus bekerja keras dengan melakukan inovasi  dalam menjawab tuntutan perkembangan teknologi maupun digitalisasi yang kian pesat, serta sebagai bentuk upaya dalam mendukung pergeseran perilaku transaksi dari konvensional (tunai) menjadi cashless (nontunai).

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2023

About Kominfo Banjar

Check Also

INTEGRATED FARMING

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Banjar, …

Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota Banjar Tahun 2023

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., menghadiri Kegiatan Pengajian Bulanan dan Istigotsah Tingkat Kota …

Tinggalkan Balasan