Sosialisasi Keamanan Informasi Pemerintah Daerah Berbasis Elektronik Dan Non Elektronik

Keamanan informasi adalah perlindungan terhadap keterangan, pernyataan, gagasan yang mengandung nilai, makna dan pesan baik data, fakta, maupun penjelasannya yang dapat dilihat didengar maupun dibaca yang disajikan dalam media elektronik maupun non elektronik. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Banjar dalam pembukaan acara Sosialisasi Keamanan Informasi Pemerintah Daerah Berbasis Elektronik dan Non Elektronik, yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Sekretariat Daerah Kota Banjar, Kamis (27/10/2022).
“Untuk keamanan informasi tersebut, memiliki alat evaluasi untuk menganalisa tingkat kesiapan pengamanan informasi di suatu organisasi, yaitu indeks KAMI. Salah satu indeks keamanan informasi adalah proteksi terhadap dokumen digital yang saat ini menggunakan tanda tangan elektronik yang diterbitkan oleh BSRE. Di Kota Banjar sendiri tata kelola dokumen secara elektronik salah satunya menggunakan aplikasi e-office yang dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pada lingkungan Pemerintah Daerah Kota Banjar saat ini,” jelasnya. Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, pada pasal 41 ayat 1 menegaskan, bahwa setiap instansi pusat dan pemerintah daerah harus menerapkan keamanan SPBE.
Pemerintah Daerah memiliki stakeholder yaitu seluruh Perangkat Daerah yang artinya adalah semua harus memiliki kesadaran tentang keamanan informasi termasuk pada sistem elektronik yang digunakan. “Saya berharap dengan sosialisasi ini, seluruh ASN diharapkan mempunyai kepedulian serta memiliki kemampuan dalam upaya menjaga keamanan informasi Pemerintah Daerah berbasis elektronik dan non elektronik,” pungkasnya.
Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, para Kepala Perangkat Daerah, dengan menghadirkan Narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, dan diikuti oleh perwakilan Perangkat Daerah se-Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …