Home / Berita Banjar / Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran di RSUD Kota Banjar

Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran di RSUD Kota Banjar

     Gempa bumi mengguncang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Banjar. Korsleting pun terjadi hingga mengakibatkan kebakaran di salah satu ruangan. Karyawan, dokter dan pegawai segera menyelamatkan pasien RSUD ke luar ruangan.
Petugas rumah sakit lainnya segera memadamkan api. Tak lama petugas pemadam kebakaran datang dan membantu memadamkan api. Itu semua bukan kejadian sebenarnya. Tapi serangkaian simulasi penanggulangan bencana kebakaran di RSUD Kota Banjar.
  “Kegiatan ini sebagai antisipasi apabila terjadi kebakaran sehingga bisa ditanggulangi sejak dini,” ujar Direktur RSUD Kota Banjar dr Herman Umar, 17 November 2017.
Ketua pelaksana kegiatan Wahyu Aryanto mengatakan simulasi tersebut untuk melatih bagaimana peran karyawan rumah sakit apabila terjadi kebakaran. “Mereka tidak boleh panik. Harus berusaha membawa pasien keluar untuk diselamatkan,” katanya.
Menurut dia, dalam simulasi karyawan rumah sakit menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang sudah tersedia di setiap sudut ruangan.
      Kepala UPTB Damkar Kota Banjar Dedi mengatakan sebelum simulasi mereka diberi pengetahuan bagaimana cara memadamkan api menggunakan APAR dan karung goni basah. “Mereka harus tanggap dan tidak perlu panik jika terjadi kebakaran. Melainkan bisa menyelamatkan diri dan menghubungi petugas kebakaran secepatnya,” jelasnya.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About kominfo banjar

Check Also

UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL & APEL GABUNGAN SERTA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PEGAWAI NEGERI SIPIL FORMASI BIDAN PTT DAN PENYULUH PERTANIAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANJAR TAHUN 2018

   Senin, 17-09-2018 berlangsung Acara Upacara Hari Kesadaran Nasional & Apel Gabungan serta Pengambilan Sumpah …

SEPEDA NUSANTARA ETAFE MANDALAREH

   Minggu, 16 September 2018 benar-benar menjadi hari yang bahagia bagi masyarakat Kota Banjar, khususnya …