Sekda Kota Banjar Mengikuti Sarasehan Ekonomi Dengan Tema “Langkah Kolaboratif Memanfaatkan Potensi Maritim dan Perikanan Wilayah Priangan Timur”.

Dalam rangka optimalisasi Perpres Nomor 87 Tahun 2021, Tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan, khususnya sektor perikanan dan kelautan, Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Bandung Koordinator Jawa Barat berkolaborasi dalam West Java Economic Society (WJES) 2022 menggelar sarasehan Ekonomi dengan tema “Langkah Kolaboratif Memanfaatkan Potensi Maritim dan Perikanan Wilayah Priangan Timur”, bertempat di Bale Priangan Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya. Rabu (27/07/2022).
Sekretaris Daerah Kota Banjar, DR. Drs. H. Ade Setiana, M.Pd., hadir secara langsung bersama perwakilan Pemerintah Daerah wilayah Priangan Timur. Kegiatan ini digelar untuk mengidentifikasi berbagai potensi, serta kolaborasi bidang kelautan dan perikanan, dengan menghadirkan narasumber dari Kepala Pusat Studi Sosial Ekonomi Perikanan UNPAD, Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Jawa Barat, serta Presiden Direktur PT. Ocean Solution Indonesia.
Sekretaris Daerah Kota Banjar mengatakan bahwa letak Kota Banjar yang berada di pintu gerbang Jawa Barat, menjadikan Kota Banjar sebagai basis pertumbuhan ekonomi serta penyokong pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. Dengan kondisi geografis yang dilewati sungai besar, yaitu Sungai Citanduy, Kota Banjar mempunyai potensi perikanan yang cukup besar jika dikembangkan. “Potensi kami di bidang perikanan cukup potensial. Hal ini ditandai dengan wilayah kita masih tergantung pasokan ikan dari Cirata. Pengembangan sektor perikanan di Kota Banjar memerlukan kolaborasi dari Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah, serta pelaku usaha. Yang paling penting adanya upaya merubah pola fikir petani kita untuk kembali mengembangkan sektor pertanian,” jelas Sekretaris Daerah Kota Banjar.
Sekretaris Daerah Kota Banjar berharap, adanya kolaborasi dan pengembangan kerjasama dengan Bank Indonesia seperti yang telah dilakukan dalam pengembangan budidaya bawang merah di Kota Banjar. “Kerja sama dan kolaborasi antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Kota Banjar telah terjalin, salah satunya dalam penguatan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …

Tinggalkan Balasan