Seba Hasil Bumi Hajat Pulo Majeti

Kota Banjar memiliki aneka ragam seni dan budaya adat. Salahsatunya adalah masyarakat Kawargian Adat Pulo Majeti yang sampai saat ini masih kokoh menjalankan adat istiadatnya. Salah satu budaya yang rutin digelar yaitu Panyorog/Seba Hasil Bumi Hajat Pulo Majeti, yang digelar di Pendopo Kota Banjar. Kamis (4/8/2022).
Panyorog atau Seba Hasil Bumi merupakan budaya turun temurun dari leluhur masyarakat Pulo Majeti. Kegiatan ini berarti mengunjungi pemimpin atau pemerintah yang sah sebagai pemegang otoritas negara dengan membawa hasil bumi serta makanan dari hasil pertanian mereka sebagai salah satu ungkapan rasa syukur atas hasil pertanian mereka. Seba Hasil Bumi Hajat Pulo Majeti diterima secara langsung oleh Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, dengan didampingi oleh Kapolres Banjar, serta Komandan Kodim 0613 Ciamis.
Wali Kota Banjar mengucapkan terima kasih atas prosesi Seba Hasil Bumi Hajat Pulo Majeti yang digelar tahun ini. Wali Kota juga mengaku terkejut dengan meriahnya kegiatan ini yang diikuti oleh ratusan masyarakat serta sesepuh budaya dari daerah lain. “Terima kasih atas prosesi Seba Hasil Bumi Hajat Pulo Majeti, saya terkejut dan merasa bangga, budaya ini melibatkan banyak masyarakat serta perwakilan dari penggiat budaya dari daerah lain, seperti Banten, Majalengka, dan Tasikmalaya. Selamat datang di Kota Banjar,” ucapnya.
Beliau berpesan untuk terus menjaga warisan budaya adat istiadat warisan para leluhur. Selain budaya, Wali Kota juga mengingatkan untuk tetap bersatu untuk mendukung program pembangunan di Kota Banjar. “Masyarakat kudu ngahiji, pangwangunan bakal kaganggu lamun masyarakat teu ngahiji. Tatanen, cai, gunung, kudu dijaga, lamun teu ku urang ku saha deui. Lestarikeun budaya urang. (Masyarakat harus bersatu, jika masyarakat tidak bersatu, pembangunan akan terganggu. Tumbuhan, air dan gunung, harus kita jaga, jika bukan kita yang menjaga, siapa lagi. Lestarikan budaya kita),” pesan Wali Kota.
Prosesi diakhiri dengan penyerahan secara langsung hasil bumi dari masyarakat serta makanan yang diterima secara langsung oleh Wali Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …

Tinggalkan Balasan