Rukyatul Hilal Awal 1 Syawal 1443 H/ 2022 M

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., menghadiri kegiatan Rukyatul Hilal awal 1 Syawal 1443 H Tahun 2022 yang bertempat di Pusat Observasi Bulan (POB) Gunung Putri Lapas II B Banjar. Minggu (1/5/2022).
Rukyatul Hilal adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal saat matahari terbenam pada tanggal 29 bulan Qamariah. Dengan kata lain, rukyat hanya dilakukan manakala telah terjadi konjungsi bulan-matahari dan pada saat matahari terbenam, hilal telah berada di atas ufuk dan dalam posisi dapat terlihat.
Menurut Wakil Wali Kota kegiatan Rukyatul Hilal merupakan salah satu penentuan tanggal 1 Syawal. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan silaturahmi antar sesama muslim dari daerah tetangga. “Hal ini dapat terlihat dengan datangnya saudara-saudara kita dari Majalengka, Kota Tasik, Kabupaten Tasikmalaya serta Kabupaten Ciamis,” ucapnya.
Wakil Wali Kota menuturkan, lokasi ini dipilih karena tempatnya lebih baik dan telah dilakukan pembenahan oleh Dinas terkait, sehingga proses Rukyatul Hilal dapat lebih nyaman dilaksanakan. Selanjutnya beliau berharap bahwa penetapan 1 Syawal dengan metode yang berbeda tidak lantas menjadi pemicu perbedaan antar umat Islam. Karena apapun metode penetapannya, yang terpenting adalah menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya. “Semoga puasa kita diterima Allah SWT serta semoga kita dapat bertemu lagi dengan bulan Ramadhan di tahun yang akan datang,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Launching Program Penyaluran Bantuan Tunai Kaki Lima Dan Warung (BTKLW) Minyak Goreng Oleh TNI Kodim 0613/Ciamis

Bertempat di Makoramil 1313 Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan …

Launching Program Bantuan Sosial RASTRA Daerah Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …

Tinggalkan Balasan