Home / Berita Banjar / Ratusan Guru Diniyah Takmiliyah, Dibimbing Teknik Mengajar

Ratusan Guru Diniyah Takmiliyah, Dibimbing Teknik Mengajar

   Sebanyak 400 guru diniyah takmiliyah Kota Banjar mengikuti bimbingam teknik mengajar, dengan motivator dari perguruan tinggi terkemuka di Jabar selama dua hari, Selasa–Rabu, 21- 22 November 2017. Acara tersebut dihadiri oleh para kepala OPD lingkup Pemkot Banjar, Kepala Kemenag Kota Banjar, Ketua MUI, FKGD, serta para guru peserta Bimbingan Teknis Pengajar Diniyah Takmiliyah Kota Banjar. Hari pertama dibuka langsung secara resmi Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih di Gedung Dakwah Islam Kota Banjar dan pada hari keduanya digelar di Gedung Dakwah Islam Langensari.
   Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Drs. Kaswad, M.Pd.I, dari 400 peserta guru diniyah takmiliyah itu dibagi dua. Sebanyak 200 guru diniyah asal Kec Banjar dan Kec. Purwahrja dipusatkan Gedung Dakwah Islam Banjar. Kemudian, sebanyak 200 guru diniyah asal Kec Langensari dan Kec Pataruman dipusatkannya Gedung Dakwah Islam Langensari. “Tujuan bimtek ini untuk memberikan pembekalan tentang peran guru diniyah dalam membangun karakter bangsa,” ujar H.Kaswad.
     Pada kesempatan itu, mereka, para guru diniyah diberi materi pembinaan dari Dr.dr.H.Herman Sutrisno, MM (Peran Guru Diniyah dalam Pembentukan Karakter Bangsa), Dr.Tarsono (Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Diniyah) dan Dr. H. Isop Syafei, M.Ag (Peningkatan Kompetensi Sosial Guru Diniyah). “Dua motivator (Tarsono dan H.Isop) merupakan dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” katanya.
    Wali Kota Banjar mengatakan bahwa Pendidikan Diniyah sangat berpengaruh dalam proses pembentukan karakter, baik secara pendidikan umum maupun pendidikan agama, para guru diniyah diharapkan selalu memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa dan orangtua, pasalnya, Pendidikan Agama Islam di usia dini merupakan pondasi akhlak dan mental bagi kemajuan suatu kota khususnya dan bangsa pada umumnya, juga untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam sejak usia dini dan dapat memperkuat pendidikan formal agar lahir generasi yang tangguh dan berkarakter.
     Beliau berterima kasih kepada semua pihak terutama kepada para Guru Diniyah Takmiliyah yang sudah bekerja keras dalam pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan diniyah di Kota Banjar, serta berharap selain tetap menjadi lembaga pendidikan non formal yang mengajarkan anak tentang akhlak, juga mengajarkan siswa untuk melek dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, yaitu menggunakan internet secara sehat, sebab kemajuan teknologi memang tak bisa dihindari, teknologi menjadi tantangan bagi generasi muda, apabila bisa mempergunakannya secara sehat dan positif, maka generasi tersebut akan menjadi pemenang di era global.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …