Rapat Pleno Pembahasan dan Penandatanganan Program Kerja Kegiatan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Banjar Tahun 2022

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menghadiri kegiatan Rapat Pleno Pembahasan dan Penandatanganan Program Kerja Kegiatan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Banjar Tahun 2022 yang bertempat di Ruang Rapat Gunung Sangkur Setda Kota Banjar. Selasa (19/4/2022).
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala OJK Tasikmalaya, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, Kepala BPS Kota Banjar, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, para Kepala Perangkat Daerah,  serta perwakilan Perbankan.
Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota mengatakan, pada hakikatnya inklusi keuangan bertujuan untuk dapat meniadakan segala hambatan terhadap akses keuangan bagi masyarakat sehingga dapat memanfaatkan layanan jasa keuangan dengan biaya yang terjangkau. Inklusi keuangan dapat didefinisikan sebagai ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TPAKD lahir sebagai forum koordinasi bagi lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. “Dalam rangka mendukung pencapaian target inklusi keuangan nasional, maka pembentukan TPAKD secara masif sangat diperlukan. Pembentukan TPAKD tersebut tentunya membutuhkan perencanaan yang baik dan efektif serta mempertimbangkan segala aspek seperti mekanisme dan langkah-langkah yang diperlukan. Program kerja TPAKD disusun untuk memastikan terwujudnya ketersediaan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat, mendorong peningkatan peran industri jasa keuangan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah, serta mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah,” jelasnya.
Menurut Wakil Wali Kota, rapat pleno merupakan salah satu mekanisme yang harus ditempuh oleh TPAKD. Rapat pleno dilaksanakan minimal 2 (dua) kali dalam setahun dan dilakukan minimal 1 (satu) kali di setiap semester serta dihadiri oleh pengarah TPAKD. Adapun salah satu tujuan pelaksanaan rapat pleno adalah membahas dan menetapkan usulan program kerja yang akan dilaksanakan oleh TPAKD, yang meliputi program kerja prioritas, time frame, serta target. “Saya berharap dengan terselenggaranya rapat pleno ini, program kerja TPAKD Kota Banjar yang telah dirumuskan dan ditetapkan dapat berjalan dengan lancar serta sesuai time line yang telah dibuat,” pungkasnya.
Kegiatan ditutup dengan Penandatanganan Berita Acara Hasil Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Banjar Tahun 2022 yang dilakukan Oleh Kepala OJK Tasikmalaya, Wakil Wali Kota Banjar, serta Sekretaris Daerah Kota Banjar yang disaksikan oleh Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Launching Program Penyaluran Bantuan Tunai Kaki Lima Dan Warung (BTKLW) Minyak Goreng Oleh TNI Kodim 0613/Ciamis

Bertempat di Makoramil 1313 Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan …

Launching Program Bantuan Sosial RASTRA Daerah Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …