Home / Berita Banjar / Rakor Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kota Banjar 2017

Rakor Unit Pelaksana Program Keluarga Harapan (UPPKH) Kota Banjar 2017

        Untuk memantapkan pelaksanaan program PKH ini, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Sosial PP PA mengadakan Rapat koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Aula Setda Banjar pada Selasa (26/09/17). Rapat Koordinasi tersebut dibuka langsung oleh Wali kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, didampingi Wakil Wali kota, H. Darmadji Prawirasetia, Kadinsos PP PA, Asep Tatang serta Kepala BNI cabang Banjar serta para Pendamping PKH se-Kota Banjar.

       Kepala Dinas Sosial PP PA menyampaikan bahwa dalam penanganan penanggulangan kemiskinan beberapa program yang menjadi fokus pemerintah, salah satunya adalah membangun dan menyempurnakan sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin, yang bertujuan untuk melindungi penduduk miskin dari kemungkinan ketidakmampuan menghadapi guncangan sosial dan ekonomi. Dimana program teknisnya menjadi salah satu pelaksanaan program keluarga harapan. Terdapat 5 komponen yang didukung melalui PKH yaitu, pengurangan penduduk miskin ekstrim dan kelaparan, pencapaian pendidikan dasar, kesetaraan gender, pengurangan angka kematian bayi dan balita dan pengurangan kematian ibu melahirkan. Hal ini perlu menjadi perhatian kita semua dengan selalu bersinergi dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan. “Oleh karena diharapkan kita semua selaku stakeholders dalam penanganan penanggulangan kemiskinan untuk memperhatikan beberapa hal,  karena program PKH adalah program lintas sektor maka diharapkan kepada instansi terkait yang telah tergabung dalam tim koordinasi teknis PKH harus dapat bekerjasama dan meningkatkan koordinasi dalam melaksanakan program keluarga harapan.

        Wali Kota menjelaskan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan upaya pemerintah memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin. Sebagai bagian dari upaya penanggulangan kemiskinan melalui pemberian bantuan dana tunai bersyarat, program ini diharapkan dalam jangka pendek mampu membantu keluarga miskin mengurangi beban pengeluaran dan dalam jangka menengah diharapkan mampu menciptakan perubahan perilaku peserta dalam mengakses layanan fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan kesejahteraan sosial sehingga menghasilkan generasi yang lebih sehat dan cerdas. Sedangkan dalam jangka panjang PKH diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan antar generasi sekaligus merupakan cikal bakal pengembangan sistem pelayanan pendidikan dan kesehatan, pangan dan gizi termasuk untuk menghilangkan kesenjangan sosial, dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada masyarakat miskin. Lebih lanjut beliau berpesan agar tim koordinasi teknis PKH yang menjadi saluran utama informasi program ke berbagai pihak, diharapkan agar lebih responsive dalam memberi pelayanan dan menyelesaikan masalah pengadaan fasilitas pelayanan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial. Begitu juga kepada para pendamping karena pendamping merupakan aktor penting dalam mensukseskan PKH. Beberapa kegiatan pokok tersebut adalah kunci utama dalam pelaksanaan PKH menuju suksesnya pendamping. Kesuksesan pendamping adalah kesuksesan program dan kesuksesan program adalah kesuksesan kita semua. Semoga melalui program PKH yang merupakan tanggung jawab kita bersama dapat menjawab target penurunan angka kemiskinan khususnya di Kota Banjar ”, harapnya.

 Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar

Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …