Perkuat Sinergi, Gubernur Jabar Gelar Kopdar Bersama 27 Kepala Daerah

Gubernur Jawa Barat memimpin acara Komunikasi Pembangunan Daerah (Kopdar) dengan seluruh Bupati / Wali Kota se-Jawa Barat Tahun 2021 yang dilaksanakan di Sentul Highlands Golf Club, Kabupaten Bogor, Selasa (30/11/21).
Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih,M.Si., turut menghadiri kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat tersebut. Kegiatan diawali dengan penanaman 10 juta pohon secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat bersama para Kepala Daerah yang berlokasi di bantaran Sungai Ciherang, kompleks Masjid Al Munawaroh, Sentul City,  Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut dalam rangka menyukseskan Program AZ Forest yang berfokus pada penanaman pohon.
Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) pun mendorong semua pihak supaya penanaman pohon dilakukan secara masif di berbagai daerah, khususnya di lahan kritis karena berpotensi menyebabkan bencana. “Di Jabar, kita berlomba-lomba menanam pohon,” kata Kang Emil.
Pemda Provinsi Jabar juga telah menggagas program Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon. Kang Emil menyebut, hingga akhir November ini, program tersebut sudah tercapai, bahkan melebihi target yang ditetapkan yakni 52 juta bibit pohon. Tercapainya target 50 juta bibit pohon ini juga tak lepas dari kemudahan yang diberikan Dinas Kehutanan Jabar selaku pelaksana program. Melalui aplikasi Simantri Bibit (Sistem Infomasi Kontribusi Bibit Jawa Barat), masyarakat tak perlu repot mencari bibit pohon dan lokasi lahan.  Peserta Kopdar bergeser ke Bale Gede, Sentul Highland Golf Club menggunakan bis guna mengikuti arahan Gubernur Jawa Barat.
Wali Kota Banjar menuturkan kegiatan ini digelar untuk memperkuat koordinasi, komunikasi, dan sinkronisasi antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan 27 pemerintah daerah kabupaten/kota se-Jabar. “Selain membahas isu kewilayahan, Kopdar menjadi wadah bagi Kepala Daerah untuk mengutarakan inovasi pembangunan di daerahnya masing-masing, Tujuannya, supaya daerah lain yang pembangunannya terhambat dapat meniru, memodifikasi, atau melaksanakan inovasi tersebut,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …