Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kota Banjar yang bertempat di Pendopo Kota Banjar. Senin (18/04/2022).
Hadir secara langsung Komandan Kodim 0613 Ciamis, Sekretaris Daerah Kota Banjar, para Asisten Daerah, para Kepala Perangkat Daerah, Ketua PHBI, serta Perwakilan ASN. Selain itu, acara ini juga diikuti secara virtual oleh perwakilan Perangkat Daerah, DKM se-Kota Banjar, Pesantren, ASN serta masyarakat.
Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota mengatakan Nuzulul Qur’an menjadi salah satu momentum berharga yang terjadi di bulan Ramadan. Nuzulul Qur’an merujuk pada peristiwa diturunkannya Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.
Nuzulul Qur’an berasal dari kata Nuzul dan Qur’an. Kata Nuzul, secara harfiah berarti menurunkkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan Qur’an merupakan Al Qur’an, kitab suci umat Islam. “Peringatan Nuzulul Qur’an harus menjadi momentum untuk mengingatkan kita agar senantiasa memegang teguh Al-Qur’an sebagai pedoman dan tuntunan dalam hidup sekaligus mengajarkan kepada kita untuk selalu pandai membaca tanda-tanda kehidupan yang kita jalani,” ucapnya.
Lebih lanjut Wakil Wali Kota mengatakan, umat Islam wajib membaca dan memahami ayat-ayat Allah yang termaktub dalam Al-Qur’an. Wakil Wali Kota juga mengajak, segenap kaum muslim di Kota Banjar untuk menjadikan Al-Quran sebagai landasan keimanan dan landasan moral, baik dalam kehidupan pribadi, kehidupan keluarga, maupun kehidupan masyarakat.
Kegiatan ini diisi dengan tausiah yang disampaikan oleh Dr. H. Debi Fajrin Habibi, M.Pd.,  Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan mengambil tema “Implementasi Nilai-nilai Al-Qur’an Dalam Kehidupan Mewujudkan Peradaban Mulia”.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Launching Program Penyaluran Bantuan Tunai Kaki Lima Dan Warung (BTKLW) Minyak Goreng Oleh TNI Kodim 0613/Ciamis

Bertempat di Makoramil 1313 Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan …

Launching Program Bantuan Sosial RASTRA Daerah Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …