Home / Berita Banjar / Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat kota Banjar Th.2017

Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat kota Banjar Th.2017

      Senin, 27 November 2017, di Aula Setda Kota Banjar berlangsung Acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Kota Banjar Tahun 2017. Acara tersebut Dihadiri oleh Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, Wakil Wali Kota Banjar, H. Darmadji Prawirasetia, Kadinkes,H.Oman Rokhman, Direktur BLUD Kota Banjar, H. Herman Umar, Sesepuh Kota Banjar, H. Herman Sutrisno, Ketua DPRD, Dadang Kalyubi, dan Wakil Ketua DPRD, Nana Suryana, Kepala Bapeda, H. Ade Setiana, para Kades, Lurah, dan Camat, serta para Kepala OPD dan seluruh Keluarga Besar Tenaga Kesehatan Kota Banjar.
      Wali Kota menargetkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di Kota Banjar tahun 2018 mencapai minimal 80 persen, atau naik dari PBHS tahun 2017 yang sekarang ini masih berjumlah 70 persen. Menuju pencapaian PHBS 100 persen di masa mendatang, beliau berharap supaya masyarakat jangan Buang Air Besar (BAB) sembarangan, karena itu berpotensi menimbulkan aneka penyakit menular. “Nanti, di Banjar jangan ada lagi jamban, tempat BAB di atas kolam. Jangan ada kawasan kumuh lagi. Semua program pemerintah bisa berjalan sukses, jika ada peran aktif dan dukungan masyarakat itu sendiri, diawali dari PHBS keluarga terlebih dahulu,” ujarnya.
    Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan mewujudkan Desa/Kelurahan se-Kota Banjar ‘Open Defecatin Free’ (ODF) atau setop buang air besar sembarangan. Belum lama ini, Kota Banjar berhasil meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Barat. “ Dari Kab/kota se-Jabar, Banjar terpilih sebagai kota yang berhasil mewujudkan ODF bersama Subang dan Sumedang pada HKN ke-53 di Gedung Sate belum lama ini,” katanya.
     Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar, memprogramkan Kota Banjar menuju Desa/ Kelurahan ODF Tahun 2018. “ Keluarga sehat, Indonesia kuat. Menuju ODF diharuskan diawali dari keluarga yang sehat terlebih dahulu,” tuturnya.
     Bersamaan rangkaian kegiatan HKN dan Germas Kota Banjar, saat itu diwarnai deklarasi makan buah bersama dan deklarasi serta panandatangan Desa/Kelurahan ODF Tahun 2018 oleh para pejabat Muspida Kota Banjar, dimulai Wali Kota Banjar kemudian diikuti oleh para hadirin.
     Dalam acara puncak Hari Kesehatan Nasional ini berlangsung meriah. Selain acara tentang kesehatan, juga ada pagelaran tari tradisional dari komunitas kesehatan. Selain itu, panitia pun mengajak makan buah dan sayur kepada hadirin yang datang, dalam hal ini karena merupakan gerakan masyarakat hidup sehat, dengan total target peserta sebanyak 1000 orang. Dalam acara ini pun sekaligus deklarasi gerakan masyarakat sehat dan ODF, ditambah bakti sosial donor darah.
 
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …