Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana, Sekretariat Daerah Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., membuka rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tingkat Kota Banjar Tahun 2022. Jumat (18/11/2022).
Acara diawali dengan penampilan seni dari Sanggar Kinanti  Kota Banjar. Tema Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2022 adalah Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi. Tema ini mengandung makna simbolik berupa kerja sama dan kolaborasi dalam harmonisasi mencapai tujuan yang mulia, yaitu Indonesia bebas dari korupsi. Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan penghargaan apresiasi zona integritas kepada 3 (tiga) Perangkat Daerah yang telah lolos Penilaian Mandiri oleh Inspektorat Daerah Kota Banjar, dan kemudian diusulkan kepada Kemenpan RB, yang diberikan kepada Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), serta BLUD UPTD Puskesmas Banjar 1.
Selain penghargaan apresiasi zona integritas, juga dilakukan penyerahan Apresiasi Pelaporan Gratifikasi Terbanyak kepada ASN yang telah berani melaporkan tindak gratifikasi kepada Unit Pengendali Gratifikasi, yang diberikan kepada Bapak Dr. H. Sahudi, M.Si., (Kepala DPMPTSP Kota Banjar), serta Bapak Ngasip, S.E., (Auditor Madya Inspektorat Kota Banjar).
Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tingkat Kota Banjar Tahun 2022 dilakukan Launching Inovasi Pemerintah Kota Banjar di Bidang Tata Kelola Pemerintahan yang diinisiasi oleh Agen Perubahan Pemerintah Kota Banjar yang diberi nama “Sakses Tools”. Sakses Tools (SAKIP Self Assesment Tools) adalah sebuah sistem yang dikonsepkan terintegrasi antara E-Office dan E-Sakip yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Banjar. Sistem ini merupakan sebuah media atau alat bagi Tim Evaluasi Akuntabilitas Instansi Pemerintah dalam melaksanakan tugasnya, melalui media ini interaksi antara tim evalutor dengan evalutan berbasis kepada data yang diupload. Selain itu, sisterm ini juga sebagai alat bagi perangkat daerah untuk dapat menilai dirinya sendiri sejauh mana capaian implementasi AKIP di organisasinya.
Wakil Wali Kota mengatakan bahwa korupsi merupakan kejahatan yang harus kita lawan dan kita hindari. Anti terhadap korupsi adalah salah satu sikap dan tindakan yang mencerminkan integritas kita dalam mengemban amanah jabatan maupun sebagai aparatur sipil negara. “Pemerintah Kota Banjar berkomitmen untuk terus berupaya melaksanakan Pencegahan terjadinya korupsi secara terintegrasi. Secara berkala, dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Tim KPK, Itjend Kementerian Dalam Negeri dan BPKP melalui Aplikasi JAGAD. Id. Saya berharap melalui rangkaian kegiatan Peringatan HAKORDIA ini, semua elemen di Kota Banjar mempunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk membudayakan pencegahan anti korupsi. ” jelas Wakil Wali Kota.
Kegiatan ditutup dengan sosialisasi Fraud Control Plan (FCP) yang disampaikan secara langsung oleh Kepala BPKP Provinsi Jawa Barat, Bapak H. Mulyana.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …

Tinggalkan Balasan