Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap 9 Desember. Peringatan ini digelar untuk menyoroti hak dan tanggung jawab pejabat pemerintah, pegawai Negeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, hingga publik dalam menanggulangi korupsi.
Pemerintah Kota Banjar kali ini memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia dengan tema “Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi” dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah, Forkopimda Kota Banjar serta para Kepala Perangkat Daerah.
Dalam sambutannya, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya membangun budaya anti korupsi Tingkat Pemerintahan Kota Banjar. “Kita menyadari bahwa untuk membangun budaya anti korupsi tidaklah mudah tapi bukan berarti tidak bisa,” ujarnya.
Untuk itu, pihaknya merasa optimis untuk kedepan budaya anti korupsi akan semakin membaik. “Hal ini dapat dimulai dengan membangun anti korupsi sejak dini pada generasi muda kita terutama di sekolah-sekolah,” tuturnya.
Wali kota menambahkan selaras dengan tujuan Pemerintah Kota Banjar dalam membangun budaya anti korupsi, maka birokrasi di lingkungan Pemerintah Kota Banjar telah bertekad dan berupaya untuk melaksanakan pencegahan atas terjadinya korupsi.
Pihaknya telah berkomitmen untuk melaksanakan program pencegahan korupsi yang terintegrasi,  monitoring for prevention (MCP) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di mana 8 area intervensi menjadi titik rawan dan fokus pada program pencegahan tersebut, diantaranya :
1. Perencanaan APBD;
2. Pengelolaan Barang dan Jasa;
3. Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
4. Penguatan APIP;
5. Manajemen ASN;
6. Optimalisasi Pajak Daerah;
7. Manajemen Aset Daerah;
8. Tata Kelola Dana Desa.
Terakhir, Wali Kota menyatakan bahwa peringatan Hakordia ini menjadi salah satu rangkaian dan bagian dalam upaya menyelenggarakan Pemerintahan dan Pembangunan di Kota Banjar yang tertuang dalam visi dan misi Kota Banjar dengan slogan Banjar Berseri. “Oleh karena itu kami mengajak seluruh ASN dan Pejabat Kota Banjar untuk membersihkan dan mengendalikan diri kita sendiri, lingkungan kita sendiri, sehingga Pemerintahan yang bersih dari korupsi dapat terwujud di Kota Banjar,” imbaunya.
Di akhir sambutannya, orang nomor satu di Pemkot Banjar itu menyerahkan penghargaan kepada 4 Sekolah yang memiliki program positif dalam membangun budaya anti korupsi.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …