Peresmian Gedung Layanan Fasilitas Perpustakaan Daerah Kota Banjar

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando dan Wali Kota Banjar, meresmikan secara langsung gedung layanan fasilitas Perpustakaan Daerah Kota Banjar, Jawa Barat. Gedung perpustakaan yang baru selesai dibangun itu memiliki 4 lantai dengan mengadaptasi ruang layanan Perpustakaan Nasional. Yakni, terdapat tangga yang didesain sebagai tempat duduk untuk para pengunjung. Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando mengatakan, dengan adanya gedung layanan tersebut masyarakat bisa mendapatkan akses informasi yang terbaru. “Dengan fasilitas baru ini, ada peluang bagi masyarakat untuk mendapat akses informasi terbaru dan lengkap karena kita akan berkolaborasi dalam transformasi digital,” kata Muhammad Syarif Bando. Jumat (17/3/2023).
Menurutnya, fasilitas yang diresmikan itu hanya berbentuk infrastruktur yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp. 10 miliar dari Dana Alokasi Khusus. “Fasilitas yang kita resmikan saat ini, murni baru infrastruktur, kita lihat bukunya juga masih kurang, sarana dan prasarananya. Memang kami punya program untuk pengadaan mebeler dan koleksi sebesar Rp 1 miliar, dan yang telah dibangun ini diusahakan menjadi prioritas mudah-mudahan 2024 bisa dapat,” terangnya.
Ia menjelaskan, selama Tahun 2022 tercatat ada sebanyak 60 gedung layanan fasilitas perpustakaan daerah yang diresmikan. “Tahun 2022 ada sekitar 60 yang diresmikan, karena memang kita anggarannya kecil, ya hanya Rp 500 miliar, dan itu tidak semuanya kebagian seperti Kota Banjar ini,” jelasnya.
Sementara itu, dalam transformasi digital, Perpusnas RI telah menyediakan sebanyak kurang lebih 12 juta konten dalam bentuk footage untuk jurnal ilmiah internasional. “Ya tadi kita launching sebanyak 12 jurnal ilmiah internasional yang dibutuhkan oleh civitas akademi, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kemudian ada kurang lebih 1,3 juta buku footage untuk mata pelajaran yang juga diedarkan oleh Kemendikbud dan Kemenag,” paparnya.
Terpisah, Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan rasa bangga dan terima kasih, dengan adanya gedung layanan fasilitas perpustakaan daerah itu, diharapkan dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat. “Hari ini kita punya gedung baru dan diharapkan dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat. Seperti disampaikan Kepala Perpusnas RI, bahwa literasi itu sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia,” katanya.
Menurutnya, dengan literasi sumber daya manusia dapat meningkat dan menumbuhkan ide-ide kreatif untuk menciptakan suatu inovasi. “Dari banyaknya literasi dan membaca kita harapkan masyarakat ini muncul ide kreatif untuk berinovasi dengan memanfaatkan kekayaan yang ada di setiap Desa dan Kelurahan,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2023

About Kominfo Banjar

Check Also

Wali Kota Banjar Lakukan Inspeksi Mendadak Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Induk Banjar

Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., melakukan Inspeksi Mendadak Harga Kebutuhan Pokok …

Wakil Wali Kota Banjar Hadiri Kegiatan Rukhyatul Hilal Awal Ramadhan 1444 H / 2023 M

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Rukhyatul Hilal Awal Ramadhan …

Tinggalkan Balasan