PERENCANAAN KAMPUNG SIAGA BENCANA

TESBANJAR (8/12) telah dilaksanakan perencanaan kampung siaga bencana yang bertempat di lapangan desa Batulawang, kecamatan Pataruman, kota Banjar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang penanganan bencana alam. Provinsi Jawa Barat ini terdapat banyak potensi bencana alam, diantaranya longsor, banjir, maupun tsunami. Dengan demikian masyarakat akan diberikan simulasi penanganan bencana alam sesuai potensi bencana diwilayah masing masing.

Wali Kota Banjar, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih mengatakan, sebagaimana amanat Undang-Undang no 24 tahun 2007 tentang penangulanagan bencana tidak hanya dibebankan kepada pemerintah tetapi sangat dibutuhkan juga peran serta masyarakat dan lembaga serta badan usaha yang terintegrasi sesuai dengan standar operasional prosedur.

Menurutnya, pembentukan Kampung Siaga Bencana dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari resiko dan ancaman bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada pada lingkungan setempat.

Dalam sambutannya, dia pun mengatakan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan simulasi serta pengukuhan tim siaga bencana diantaranya adalah untuk membentuk jejaring berkaiatan dengan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat, untuk mengorganisir potensi masyarakat agar terlatih dalam kesiapsiagaan penangulangan bencana dan memperkuat hubungan social antar anggota masyarakat.

Lanjut dia, dalam kegiatan itu ditekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana artinya masyarakat menjadi pokok kegiatan kampung siaga bencana karena dengan kesiapsiagaan masyarakat dapat merencanakan suatu tindakan untuk mengurangi akibat suatu bencana.

About kominfo banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …