Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Banjar Tahun Anggaran 2021

Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., dengan didampingi oleh Ketua DPRD, Drs. Dadang R. Kalyubi,M.Si., menghadiri kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Banjar Tahun Anggaran 2021, yang bertempat di Aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jalan Muhammad Toha Nomor 164, Bandung. Senin (25/4/2022).
Penyerahan LHP LKPD Kota Banjar Tahun Anggaran 2021 dilakukan oleh Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat, Agus Khotib, SE., M.Si., Ak., CPA (Aust.)., CSFA., CA., kepada Wali Kota Banjar serta Ketua DPRD Kota Banjar.
Dalam arahannya, Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat menjelaskan BPK memiliki kewenangan, antara lain untuk melakukan pemeriksaan keuangan. Pemeriksaan keuangan adalah pemeriksaan atas laporan keuangan yang bertujuan memberikan keyakinan yang memadai (reasonable assurance) bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal material, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia atau basis akuntansi komprehensif selain prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. Tujuan pemeriksaan atas laporan keuangan adalah untuk memberikan pendapat/opini atas kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan. Menurut Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan. BPK dapat memberikan 4 (empat) jenis opini, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP/Unqualified Opinion), Wajar Dengan Pengecualian (WDP/Qualified Opinion), Tidak Memberikan Pendapat (TMT/Disclaimer Opinion) dan Tidak Wajar (TW/Adverse Opinion). Berdasarakan LHP LKPD TA 2021, Kota Banjar mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Opini WTP ini merupakan raihan Ke-13 Kali bagi Kota Banjar dengan raihan 12 kali berturut-turut.
Wali Kota Banjar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas raihan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang ke-13 untuk Kota Banjar. Raihan WTP di tahun ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi Kota Banjar di tengah situasi dan kondisi yang cukup sulit di Tahun 2021 ini. “Namun demikian, dengan kondisi ini tidak lantas menyurutkan inovasi dan motivasi kami dalam menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Banjar Tahun 2021. Ini merupakan prioritas utama kami dalam melaksanakan tata kelola keuangan yang akuntabel. Inilah bentuk pertanggung jawaban kita dalam tata kelola keuangan di Kota Banjar,” ungkapnya.
Menurutnya, Opini WTP ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kota Banjar dengan arahan dari BPK Perwakilan Jabar. Atas pencapaian ini, saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pengelola keuangan di Kota Banjar termasuk Pihak DPRD Kota Banjar dalam upaya bersama untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang semakin baik, transparan dan akuntabel guna mencapai good governance and clean governance. “Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyajikan LKPD ini. Opini ini semoga akan menjadi motivasi bagi kita untuk terus berupaya membangun dan melayani masyarakat di Kota Banjar dengan tetap melakukan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel. Bersama kita pasti bisa mewujudkan Visi Misi Kota Banjar dengan satu tujuan besar kita, mensejahterakan masyarakat Kota Banjar,” pungkasnya.
Hadir mendampingi, Inspektur Kota Banjar, Sekretariat DPRD Kota Banjar serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Banjar.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Launching Program Penyaluran Bantuan Tunai Kaki Lima Dan Warung (BTKLW) Minyak Goreng Oleh TNI Kodim 0613/Ciamis

Bertempat di Makoramil 1313 Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan …

Launching Program Bantuan Sosial RASTRA Daerah Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …