Home / Berita Banjar / Peningkatkan Peran Serta Masyarakat Desa Binangun Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata

Peningkatkan Peran Serta Masyarakat Desa Binangun Dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata

Kel/desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara akomodasi, atraksi, dan fasilitas sebagai pendukung sesuatu yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara tradisi yang masih berlaku. Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar melalui Bidang Pariwisata, Kamis 19 November 2020, menggelar kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata di aula Desa Binangun Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Kegiatan ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Banjar, H Nana Suryana, Kepala BPPD Ciamis, H. R Tommy Surjanto, S.T., MM., dan Plt. Kepala Disporapar Kota Banjar.
Ira Khaerunisa, S.IP., MM., selaku Kabid Pariwisata mengatakan bahwa desa wisata merupakan bentuk pengembangan ekonomi lokal yang dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. “Dengan peran serta masyarakat, diharapkan dapat lebih mengembangkan potensi wisata daerahnya sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal,” ujarnya.
Wakil Wali Kota Banjar mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Bidang Pariwisata. Menurutnya, keberadaan pariwisata daerah dapat mendongkrak daya beli masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi lokal. “Khususnya Desa Binangun, ada objek wisata Pejamben yang dapat dikembangkan pula dengan event tahunan yang dapat menyedot wisatawan dari luar. Dalam hal ini, masyarakat pelaku UMKM dapat menjual produk khas Banjar sebagai daya tarik wisatawan untuk membeli oleh-oleh,” paparnya.
Ditambahkan beliau katakan bahwa pada masa pandemi ini geliat ekonomi harus tetap jalan dengan memperhatikan protokol kesehatan. “Tujuan akhir dari pariwisata adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Maka dari itu, siap-siap produk UMKM dibuat semenarik mungkin,” pungkasnya. Wakil Wali Kota Banjar berharap peranan masyarakat dapat ditingkatkan dengan pemberdayaan masyarakat setempat.

Sumber     : Bidang Komunikasi Diskominfo Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2020

About Kominfo Banjar

Check Also

2000 Vaksin Sinovac Tiba di Kota Banjar

Di Kantor Dinas Kesehatan Kota Banjar pada Rabu 27 Januari 2021, sebanyak 2000 ampul vaksin …

Pemerintah Kota dan Forkopimda Woro-woro Ajak Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Rabu 27 Januari 2021 Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih bersama Kapolres Banjar, AKBP. …