Pengambilan Sumpah / Janji Jabatan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Antar Waktu Desa Binangun

Wali Kota Banjar, mengambil Sumpah / Janji Jabatan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Antar Waktu Desa Binangun Masa Keanggotaan 2018-2024 yang bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar. Selasa (10/5/2022).
Ibu Heni Kurniasih menggantikan Bapak Rukanda yang sebelumnya telah mencalonkan diri menjadi Calon Kepala Desa Binangun. Sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah Kota Banjar Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Badan Permusyawaratan Desa, bahwa anggota BPD berhenti karena mengundurkan diri digantikan oleh calon anggota DPD nomor urut berikutnya berdasarkan hasil pemilihan anggota BPD dengan ketentuan penggantian antar waktu anggota BPD dilaksanakan apabila sisa masa jabatan anggota BPD yang digantikan lebih dari 6 bulan.
Dalam arahannya, Wali Kota Banjar menuturkan anggota BPD Antar Waktu mempunyai fungsi yang sama dengan BPD pada umumnya, yaitu bertugas membahas dan menyepakati Rancangan peraturan desa bersama kepala desa; menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, serta melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. ”Mengingat begitu pentingnya fungsi BPBD tersebut maka diharapkan anggota BPD dapat senantiasa mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kualitas SDM-nya sehingga dapat memperkuat fungsi kelembagaan BPD itu sendiri. Selanjutnya, dalam menjalankan tugas dan fungsinya anggota BPD agar senantiasa menjaga kualitas serta keharmonisan hubungan kerja baik dalam internal kelembagaan BPD maupun dengan Pemerintahan Desa,” jelasnya.
Dengan telah diresmikannya anggota BPD Antar Waktu, Wali Kota berpesan kepada pengurus BPD Binangun untuk segera melaksanakan musyawarah internal BPD dalam rangka mengisi kekosongan salah satu jabatan yang terdapat dalam susunan kepengurusan anggota BPD masa keanggotaan 2018-2024, yang selanjutnya ditetapkan dengan keputusan BPD dan diajukan untuk mendapatkan pengesahan Camat atas nama Wali Kota. “Hari ini telah kita saksikan bersama pengucapan sumpah atau janji anggota BPD Antar Waktu Desa Binangun Kecamatan Pataruman Masa Keanggotaan Tahun 2018 – 2024. Saya berharap anggota BPD Desa Binangun segera bekerja untuk mempersiapkan pemilihan Kepala Binangun,” pungkasnya.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Launching Program Penyaluran Bantuan Tunai Kaki Lima Dan Warung (BTKLW) Minyak Goreng Oleh TNI Kodim 0613/Ciamis

Bertempat di Makoramil 1313 Banjar, Wali Kota, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., menghadiri kegiatan …

Launching Program Bantuan Sosial RASTRA Daerah Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Halaman Pendopo Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., …

Tinggalkan Balasan