Pemkot Banjar dengan Pemkab Cilacap Lakukan Penandatanganan Kerja Sama

Pemerintah Kota Banjar dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap melakukan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Batas Daerah Antar Wilayah, bertempat di Ruang Gandri Rumah Dinas Bupati Cilacap, Jawa Tengah, Senin, 6 November 2021. Hal itu dilakukan dalam upaya menetapkan ketetapan hukum tentang batas daerah antara wilayah Pemerintah Kota Banjar Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Sedangkan penandatanganan berita acara batas wilayah Ini merupakan hasil dari kesepakatan kedua belah pihak yang sepakat untuk melakukan Revisi Permendagri Nomor 2 Tahun 2009 tentang Batas Daerah Provinsi Jawa Tengah Dengan Provinsi Jawa Barat, yang terletak di Kota Banjar berbatasan dengan Kabupaten Cilacap.
Selanjutnya, dengan menggunakan data dasar Peta Rupabumi Indonesia Tahun 2021 dan Citra Spot6 Tahun 2020 yang sudah di Orthorektifikasi oleh Badan Informasi Geospasial dengan identitas citra LPN_SP6_PMS_202003100235321_202003100235552_ORT; serta kesepakatan segmen batas daerah antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Barat yang terletak di Kota Banjar berbatasan dengan Kabupaten Cilacap menyusuri as (median line) Cijolang dan as (median line) Citanduy.
Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih melakukan penandatanganan bersama Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dengan dihadiri oleh Para Pejabat Dari Pemerintah Kabupaten Cilacap. Ade mengatakan, penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Batas Daerah tersebut merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh kedua wilayah dalam rangka menciptakan kepastian hukum wilayah administrasi pemerintahan daerah sesuai dengan Amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 141 Tahun 2017 tentang Penegasan Batas Daerah. Perlu diketahui bersama Tim Penegasan Batas Daerah Kota Banjar dengan Tim Penegasan Batas Daerah Kabupaten Cilacap telah melaksanakan penegasan batas daerah dengan melakukan survey lapangan,” kata Wali Kota Banjar.
Wali Kota Banjar menambahkan, dengan penandatanganan berita acara yang telah disepakati bersama, maka kita dapat mengetahui letak batas wilayah administrasi pemerintahan Kota Banjar dengan Kabupaten Cilacap sehingga diharapkan tidak ada lagi masalah yang timbul akibat ketidakjelasan batas daerah. Kerjasama yang antara kedua wilayah telah terjalin dengan baik disemua sektor, seperti kesehatan, pendidikan serta ekonomi. Terutama dalam penanganan pandemi Covid-19. “Kita selalu berkoordinasi dengan baik. Ya, penandatanganan berita acara ini menjadi salah satu bentuk untuk memperkuat kerjasama yang telah terjalin selama ini,” paparnya.
Senada dengan Wali Kota Banjar, Bupati Cilacap Tatto menuturkan, kerjasama yang baik telah terjalin antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan Kota Banjar. “Masyarakat di kedua wilayah perbatasan sangat terbantu dengan kerjasama yang telah terjalin selama ini. Apa yang tidak ada di Banjar, Dipenuhi oleh Cilacap, dan sebaliknya, yang tidak ada di Cilacap dipenuhi oleh Kota Banjar,” papar Bupati Cilacap.
Turut hadir mendampingi Wali Kota Banjar, Kepala Bappeda Kota Banjar, Kepala Bagian Pemerintahan, Camat Purwaharja, Camat Pataruman, Sekretaris Camat Langensari serta Lurah dan Kepala Desa wilayah Perbatasan Banjar – Cilacap.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2021

About Kominfo Banjar

Check Also

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …

Perkembangan Covid-19 Kota Banjar

Sumber     : Satuan Tugas COVID-19 Kota Banjar Diunggah : Bidang Informatika Kota Banjar, 2022 …