Pembinaan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kecamatan, Desa/Kelurahan dan DKM se- Kota Banjar

Bertempat di Gedung Dakwah Islam Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., membuka acara Pembinaan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kecamatan, Desa/Kelurahan dan DKM se-Kota Banjar. Selasa (19/7/2022).
Acara pembinaan ini diikuti oleh seluruh Ketua UPZ se-Kota Banjar, dengan dihadiri oleh perwakilan Pengurus Baznas Provinsi Jawa Barat, Ketua Baznas Kota Banjar, serta Ketua DMI Kota Banjar.
Dalam kesempatan ini juga dilakukan pelantikan Ketua UPZ Tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan serta DKM se-Kota Banjar yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan operasional untuk masing-masing UPZ.
Pada semester pertama tahun ini, Baznas Kota Banjar mengalokasikan bantuan senilai  Rp. 174.500.000,- untuk bantuan operasional bagi seluruh UPZ. Setiap UPZ akan menerima bantuan operasional sebesar Rp. 500.000,- yang terdiri dari 4 (empat) UPZ Tingkat Kecamatan, 25 UPZ Tingkat Desa/Kelurahan, serta 320 UPZ Tingkat DKM.
Wali Kota Banjar sangat mengapresiasi atas kinerja Baznas Kota Banjar dalam pengelolaan zakat di Kota Banjar. Baznas merupakan mitra kerja Pemerintah Kota Banjar, salahsatunya dalam mengurangi tingkat kemiskinan  di Kota Banjar. “Sebelum pandemi, tingkat kemiskinan di Kota Banjar sebesar 5.5%, terkecil di Jawa Barat, namun dengan dan setelah pandemi, mengakibatkan naiknya tingkat kemiskinan di Kota Banjar, menjadi 6.7%.  Ini merupakan masalah kita bersama, diperlukan kerja sama dengan seluruh stakeholder dalam upaya menurunkan tingkat kemiskinan di Kota Banjar tersebut, salah satunya dengan Program Penyaluran Zakat oleh Baznas Kota Banjar,” terang Wali Kota.
Menurut beliau, potensi zakat di Kota Banjar senilai 24 Milyar per tahun. Potensi ini dapat tercapai jika semua muzaki di Kota Banjar melakukan pembayaran zakat melalui satu pintu yakni di Baznas Kota Banjar. “Seiring dengan meningkatnya kepercayaan  masyarakat terhadap Baznas Kota Banjar, semakin banyak muzaki yang membayar zakat melalui Baznas Kota Banjar. Apalagi dengan dibentuknya UPZ-UPZ di Kota Banjar akan memudahkan pembayaran zakat. Semoga ke depan, di Kota Banjar orang mengantri untuk membayar zakat, bukan mengantri untuk menerima zakat,” tutup Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Penanaman 1000 Pohon Kolaborasi Antara Lapas Banjar Dengan Peserta KKN PMP Kelompok 1 Desa Kujangsari Dari STISIP Bina Putera Kota Banjar

Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon, kolaborasi …

Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H Tingkat Kota Banjar

Bertempat di Alun-Alun Kota Banjar, Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si., …