Home / Berita Banjar / Pembinaan dan Pengawasan Rapi, Orari dan Radio

Pembinaan dan Pengawasan Rapi, Orari dan Radio

    Rabu, 29 November 2017, di RM. Intan berlangsung acara Pembinaan dan Pengawasan Rapi, Orari dan Radio. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Kota Banjar. Hadir dalam Acara tersebut Wali Kota Banjar, Ketua Rapi, Orari dan Radio se-Kota Banjar serta para peserta Pembinaan dan Pengawasan Anggota Rapi, Orari dan Radio.
   Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan bahwa saat ini dunia telekomunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, perkembangan teknologi komunikasi sudah sampai pada saat yang menjadikan tidak ada pembatas ruang sekat dan jarak, kejadian saat ini disuatu tempat bisa langsung diketahui oleh orang lain hanya  dalam waktu hitungan beberapa menit kedepan, dalam perkembangan teknologi komunikasi yang sudah sedemikian modernnya, namun disisi lain masih ada organisasi atau sekelompok orang yang tidak terpengaruh dengan hal tersebut, sejatinya sebelum ditemukannya telepon seluler, mereka telah menekuni sistem informasi ini, sebut saja karena hobi mereka saling berkomunikasi dengan seperangkat alat yang tidak menggunakan jaringan tapi gelombang radio dan itu berlangsung hingga saat kini.
   Sejarah membuktikan bahwa organisasi Orari dan Rapi telah banyak jasanya dalam turut serta membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, sebut saja bencana tsunami di Aceh dan Pangandaran pada saat itu komunikasi yang mengandalkan sinyal tidak bisa berfungsi, justru keberadaan Orari dan Rapi-lah yang akhirnya menjadi satu- satunya alat komunikasi yang masih bisa diandalkan, peran serta organisasi Orari dan Rapi dalam tanggap bencana tidak terlepas dari isi pasal 42 Permen Kominfo Nomor 33/Per/Kominfo/08/2009 tentang penyelenggaraan amatir radio yang berbunyi : Setiap amatir radio wajib memberikan prioritas untuk pengiriman dan penyampaian informasi penting yang menyangkut keamanan negara, keselamatan jiwa, bencana alam, marabahaya, gawat darurat, serta wabah penyakit.
     Melalui acara ini beliau mengucapkan terima kasih kepada organisasi Orari, Rapi dan Radio yang selama ini telah turut memberikan sumbangsih dalam bentuk apapun dalam peran serta tanggap darurat tanpa mengharapkan imbalan apapun, keikhlasan yang diberikan semoga di catat oleh Allah yang maha kuasa sebagai suatu ibadah, disamping itu beliau menegaskan bahwa pemerintah mempunyai tugas pengawasan dalam penyelenggaraan telekomunikasi, disektor ini terutama pengawasan terhadap penggunaan frekuensi serta perangkat sarana dan prasarananya.
     Selanjutnya beliau berpesan melalui kegiatan ini  kepada para peserta yang belum memiliki izin amatir radio agar segera mengurusnya, pelanggaran yang ada akan dikenakan sanksi administrasi dan merupakan tindak pidana bidang telekomunikasi.
Sumber        : Bagian Humas Setda Kota Banjar
Diunggah     : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2017

About admin

Check Also

Kota Peduli Hukum dan HAM

   Puncak peringatan ke-69 Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia diadakan di The Sunan Hotel, …

Presiden Jokowi Ingin Tata Kelola APBN Disederhanakan

    Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu, 6 Desember 2017, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan …

Tinggalkan Balasan