PEMAPARAN VERIFIKASI LAPANGAN TAHAP II DAN III OLEH KEMENTERIAN TIM PENILAI DARI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI

menara-towerBanjar – Jumat 26 Agustus 2016, telah dilaksanakan pemaparan verifikasi lapangan tahap II dan III oleh Kementerian tim penilai dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, terkait penilaian Wahana Tata Nugraha tahun 2016 di Kota Banjar, bertempat di ruang rapat II Setda Kota Banjar.

Kehadiran tim penilai dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia disambut langsung oleh Walikota Banjar Dr.Hj.Ade Uu Sukaesih M.Si yang didampingi oleh ketua DPRD Kota Banjar Drs. Dadang R Kalyubi M.Si, dan disaksikan serta dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan komunikasi Informatika dan Pariwisata Kota Banjar Drs.Ide Suhendar M.Kes, Sekdis H.Yaya S.Pd,M.Pd, para Kabid, para Kasi dan Kasubag, Serta staf Dishubkominfopar Kota Banjar, dan dihadiri oleh para pejabat di ruang lingkup Pemerintah Kota Banjar, perwakilan dari Satlantas Polresta Banjar, serta para kepala OPD.

PEMAPARAN VERIFIKASI LAPANGAN TAHAP II DAN III OLEH KEMENTERIAN TIM PENILAI DARI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI2 (2)

Adapun maksud dan tujuan Penyelenggaraan Wahana Tata Nugraha adalah untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan serta untuk meningkatkan kinerja penyelenggara dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan dan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang handal, berkelanjutan, dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin berlalu lintas sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Adapun penilaian Wahana Tata Nugraha mempunyai tahap kegiatan penghargaan, yaitu :

    • Tahap 1 Administrasi meliputi : Perencanaan, pendanaan, kelembagaan dan perundang-undangan, SDM, angkutan, prasarana, lalu lintas, dan lingkungan.
    • Tahap 2 Teknis dan Operasional meliputi : sarana, prasarana, lalu lintas, dan pelayanan kepada masyarakat.
    • Tahap 3 Komitmen (Political will) kepala daerah, yaitu : penilaian kebijakan dan komitmen Pemerintah Daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan.

Adapun jenis-jenis penghargaan Wahana Tata Nugraha Sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan No.5 Tahun 2010 yaitu :

        • Sertifikat Wahana Tata Nugraha
        • Pelakat Wahana Tata Nugraha
        • Piala Wahana Tata Nugraha
        • Piala Wahana Tata Nugraha Kencana
        • Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama
        • Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Kencana
        • Piala Wahana Tata Nugraha kategori Lalu lintas
        • Piala Wahana Tata Nugraha kategori Angkutan

Adapun tim penilai dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terkait penilaian Wahana Tata Nugraha untuk Kota Banjar adalah tidak membiarkan pemanfaatan Jalan diluar kepePEMAPARAN VERIFIKASI LAPANGAN TAHAP II DAN III OLEH KEMENTERIAN TIM PENILAI DARI KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI2ntingan lalu lintas kecuali untuk hal-hal tertentu berdasarkan izin.

(DISHUBKOMINFOPAR KOTA BANJAR)

About kominfo banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …