Pangdam III Siliwangi Kunjungi Sentra Pembudidayaan Jamur Di Dusun Sukanegara Desa Waringinsari Kecamatan Langensari

Bertempat di RT 02 RW 01 Dusun Sukanegara, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari. Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., M.H., menyambut Kunjungan Kerja Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief  Wibowo, S.IP., serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Siliwangi. Selasa (18/10/2022).
Kunjungan kerja ini meninjau secara langsung sentra pembudidayaan jamur milik Kelompok Tani Hutan Reginda Jamur, yang beralamat di RT 02 RW 01 Dusun Sukanegara, Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari. Budidaya jamur ini di inisiasi oleh Sertu Hendar Purwanto, prajurit aktif yang bertugas di Koramil 1325/Langensari. Bersama 12 orang anggota kelompoknya, Sertu Hendar Purwanto mengembangkan budidaya jamur dari mulai pembibitan yang memanfaatkan serbuk kayu bekas gergaji dari limbah industri penggergajian kayu di Kota Banjar. Selain itu, kelompok tani ini juga menghasilkan produk olahan makanan berupa jamur crispy yang sudah dikemas dengan pengemasan modern yang cukup menarik.
Apresiasi diberikan oleh Pangdam III Siliwangi atas keberhasilan Sertu Hendar Purwanto dalam pengembangan budidaya jamur serta mampu melibatkan masyarakat sekitar sehingga membantu meningkatkan perekonomian anggota kelompoknya. “Saya mengingatkan kepada seluruh prajurit untuk tetap menjadi inisiator, fasilitator serta dinamisator dalam setiap pengembangan usaha bersama masyarakat,” tegasnya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar mengatakan, Pemerintah Kota Banjar mendukung pemberdayaan UMKM di Kota Banjar dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi. Inilah sebuah inovasi dan terobosan dari Prajurit TNI dalam pengembangan budidaya jamur sehingga dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat. “Saya sangat mendukung pengembangan UMKM di Kota Banjar. Pemerintah pasti akan membantu seperti dalam kemudahan perizinan serta pemasaran. Saya juga mengapresiasi Sertu Hendar Purwanto atas upayanya kelompok tani ini semakin berkembang dan terus berproduksi guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas Wakil Wali Kota.

Sumber     : Bagian Umum Sekretariat Daerah  Kota Banjar
Diunggah  : Bidang Informatika Diskominfo Kota Banjar, 2022

About Kominfo Banjar

Check Also

Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur Pemerintah Kota Banjar Salurkan Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Gempa Di Cianjur

Sebagai upaya ikut peduli dengan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Pemerintah Kota Banjar menyalurkan …

Wakil Wali Kota Banjar Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Dana Transfer Umum Pelaku Wirausaha Baru Tingkat Kota Banjar Tahun 2022

Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, …